Lampaui Target, MAN 3 Bantul Wisuda 78 Penghafal Alquran

  • Whatsapp
wisuda MAN 3 Bantul
MAN 3 Bantul melampaui target, tahun ini mewisuda 78 penghafal Alquran.. (Foto: Istimewa)

Bantul – MAN 3 Bantul tahun ini berhasil mewisuda 78 siswanya sebagai penghafal Alquran. Selama hampir empat tahun program tahfidz Alquran di sekolah ini masuk menjadi mapel intrakurikuler dan menjadi salah satu program unggulan.

Program yang wajib diikuti seluruh siswa kelas XII tersebut merupakan program mandatory dari Kementerian Agama yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan membekali siswa dalam menghafal Alquran.

Read More

“Program tahfidz ini telah 4 tahun dimasukkan menjadi mapel intrakurikuler dan pada tahun ini, sebanyak 78 siswa mampu mencapai target yang diharapkan dan berkesempatan mengikuti wisuda,” kata Koordinator Keagamaan MAN 3 Bantul Rusnani, Sabtu, 19 Februari 2022.

Baca Juga: Isi Surat Edaran Pembelajaran Tatap Muka di Bantul, PTM Bisa 100 Persen

Target hafalan bagi siswa kelas XII adalah hafal juz 30 dan juz 2, termasuk beberapa surat pilihan di antaranya Al Waqi’ah, Al Mulk, Ar Rahman, Yaasiin.

Dalam wisuda yang digelar Sabtu, 19 Februari 2022, dari 78 peserta wisuda, 3 di antaranya dinyatakan melampaui target. Mereka adalah Dian Lintang Sanga, XII Bahasa (hafal 26 juz), Afifatu Fitriyah, XII MIPA 2 (hafal 16 juz) dan Jasmine Sofia, XII IPS 1 (hafal 13 juz).

Kepala MAN 3 Bantul, Syamsul Huda dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas tercapainya target yang dicanangkan. Meski hanya mengambil 2 jam pelajaran setiap minggunya, namun berhasil mencapai target.

Baca Juga: Bincang Demokrasi dan HAM di Tembi Rumah Budaya Bantul Yogyakarta

“Semoga capaian ini akan menambah motivasi adik – adik kelas untuk semakin semangat dalam menghafal Alquran, sehingga capaian target mendatang akan semakin meningkat,” ujar Syamsul.

Dalam sambutannya selepas wisuda khafidz khafidzoh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) D.I.Yogyakarta, Masmin Afif menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas pencapaian prestasi yang cukup membanggakan. Masmin juga menyampaikan pesan dari kementerian agama untuk madrasah, pentingnya penguatan moderasi beragama.

Dia berpesan untuk menjaga dan merawat Alquran. “Teruslah menjaga dan merawat Alquran dengan membaca dan menghafalkan. Selamat bagi yang telah menghafal 26 juz, 16 juz, 13 juz dan juga yang sudah hafal 2 juz. Teruslah menghafal sampai kalian hafal 30 juz. Insya Allah dengan hafalan tersebut, Allah akan mengangkat kalian di derajat tertinggi tidak hanya di dunia tapi juga di akherat,” pesannya.

Baca Juga: Kepedulian Alumni SMA N 1 Wates Bangun Gedung Parkir Tiga Lantai Rp5,5 Miliar

Masmin menambahkan selain menjaga Alquran, juga sangat penting menjaga sholat yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. “Sempurnakan salat, karena sesungguhnya salat adalah hal yang akan dihisap pertama kali,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Aidi Johansyah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Bantul Ahmad Musyadad, serta seluruh komite madrasah dan guru pegawai MAN 3 Bantul. []

promo iklan bacajogja.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *