18 Daerah di Jawa Tengah Waspada Hujan Lebat, Tiga di Yogyakarta

  • Whatsapp
hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat di Jogja. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasukan prakirakan berbasis dampak hujan lebat di Indonesia berlaku pada Sabtu, 26 Maret 2022 hingga 24 jam ke depan.

Dari akun Twitter resmi BMKG @InfoBMKG menyebutkan, setidaknya ada 15 daerah atau provinsi yang berstatus waspada hujan lebat.

Read More

Baca Juga: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga April, Ini Penjelasan BMKG termasuk Penyebabnya

Sebanyak 15 daerah tersebut yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Adapun wilayah Jawa Tengah, ada 18 kabupaten dan kota berstatus waspada hujan lebat; meliputi Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Blora, Wonogiri, Magelang, Boyolali, Brebes, Purbalingga, Kebumen, Cilacap, Banjarengara, Klaten, Sukoharjo, Kota Magelang, Semarang, Tegal dan Batang.

Baca Juga: Hari Ini DIY Hujan Merata, Potensi Angin Kencang di Kota Jogja, Sleman dan Kulon Progo

Khusus wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ada tiga kabupaten yang berstatus waspada. Ketiga kabupaten tersebut yakni Sleman, Gunungkidul dan Bantul.

Warga di wilayah berstatus waspada hujan lebat ini diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometerologi berbasis dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan lainnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *