Jalan Tol Pertama di DIY Resmi Dibangun, Sri Sultan Berharap Warga Sejahtera

  • Whatsapp
kontruksi tol jogja - bawen
Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen resmi dimulai di Sleman. (Foto: Dok. PUPR)

Sleman – Pembangunan jalan tol untuk pertama kalinya dibangun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Tol Yogyakarta – Bawen di Sanggrahan, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Rabu, 30 Maret 2022.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kadarmanta Baskara Aji mengaku bahagia dan bangga atas sejarah groundbreaking jalan tol pertama di DIY. Dengan dibangunnya jalan tol penghubung DIY, Jawa Tengah dan daerah sekitarnya di Pulau Jawa, akan memperlancar transportasi barang, logistik maupun penumpang.

Read More

Baca Juga: Detail Jadwal Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen

Menurut dia, adanya Tol Yogyakarta – Bawen ini bisa memanfaatkan Bandara Yogyakarta International Airport dengan optimal serta destinasi wisata di DIY juga dapat dikunjungi dengan mudah oleh masyarakat. “Kami berharap, jalan tol ini juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, karena dengan adanya jalan tol akan lebih mudah, cepat dan efisien,” ujarnya.

Proyek tol Trans-Jawa adalah proyek multi manfaat karena transportasi maupun angkutan barang akan semakin efisien dengan waktu tempuh yang semakin cepat dan efisien. Pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan atau jalan tol dalam sebuah negara bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauhmana kemajuan perekonomian sebuah negara, baik secara makro maupun secara mikro.

Baca Juga: Investasi Rp14,26 Triliun, Tol Yogyakarta-Bawen Total Panjang 75,82 Km

Pemda DIY mendukung sepenuhnya pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang menjadi prioritas nasional ini. Pemda DIY juga meminta warga DIY selalu mendukung pembangunan jalan tol karena yang penting, antara pemerintah dan rakyat bisa saling bekerja sama dan saling dukung demi kesuksesan pembangunan.

“Kepada warga yang terdampak, kami ucapkan terima kasih atas segala kerelaan dan kontribusi dalam upaya pembebasan lahan secara kekeluargaan,” ungkapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Temui Sri Sultan, Komitmen Jalan Tol Yogyakarta Sejahterakan Warga

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tergabung dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *