Tol Yogyakarta-Bawen, di Atas Selokan Mataram Dibangun Melayang 4,4 Km

  • Whatsapp
ilustrasi tol jogja - bawen
Ilustrasi tol jogja - bawen. (Foto: Facebook/BPJT Info)

Sleman – Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) Oemi Vierta Moerdika menjelaskan, dalam pembangunannya, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dibagi menjadi enam seksi. Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo 8,25 kiloemeter (Km), Seksi 2 Banyurejo-Borobudur 15,26 Km, Seksi 3 Borobudur-Magelang 8,08 Km, Seksi 4 Magelang-Temanggung 16,46 Km, Seksi 5 Temanggung-Ambarawa 22,56 Km dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 5,21 Km.

Menurut dia, menindaklanjuti arahan Menteri UPR terkait aspek menjaga kelestarian lingkungan hidup, maka pada Seksi 5 akan dibangun konstruksi tunnel atau terowongan yang menembus wilayah perbukitan. Lokasinya di STA 20+300 sampai STA 20+800.

Read More

Baca Juga: Erick Thohir Temui Sri Sultan, Komitmen Jalan Tol Yogyakarta Sejahterakan Warga

“Kami juga membangun konstruksi elevated sepanjang 4,4 Km di atas Selokan Mataram yang merupakan cagar budaya Yogyakarta,” kata Oemi di sela acara peletakan batu pertama pembanguanan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Sleman, Rabu, 30 Maret 2022.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyampaikan bahwa pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki tantangan yang cukup tinggi karena tetap harus menjaga daerah heritage dan kelestarian lingkungan, trase yang melewati potensi gempa, sungai lahar dingin hingga wilayah mata air yang harus dijaga.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Dana Talangan untuk Percepatan Jalan Tol Yogyakarta – Solo

“Dalam membangun jalan tol ini kita harus cepat, tapi juga tetap harus menjaga kualitas/mutu, memastikan keselamatan konstruksi hingga menggunakan produk-produk dalam negeri. Kita percaya pembangunan jalan tol ini dapat meningkatkan peran kota Yogyakarta sebagai hub perkembangan ekonomi di Jawa bagian Selatan,” tutur Hedy.

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,82 Km dengan periode konsesi selama 40 tahun dan nilai investasi sebesar Rp14,26 triliun. Jalan tol ini akan melintasi Provinsi Jawa Tengah sepanjang 68,17 Km dan DIY sepanjang 7,65 Km.

Baca Juga: Pembayaran Ganti Rugi 96 Bidang Rp102 Miliar di Sleman untuk Tol Yogyakarta – Bawen

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tergabung dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *