Peringatan Dini Gelombang Tinggi Selatan Jawa Tiga Hari ke Depan

  • Whatsapp
ilustrasi gelombang tinggi
Ilustrasi gelombang tinggi. (Foto: Antara)

Cilacap – BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Jawa dalam tiga hari ke depan, terhitung 31 Maret hingga 2 April 2022.

Prakirawan BMKG Stasiun Tunggul Wulung Adnan Deny Mardika mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat – Utara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

Read More

Baca Juga: Waspada, Peringatan Dini Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Hari Ini di Yogyakarta

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dan Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda, Perairan Banten, Perairan selatan Jawa Barat, dan Perairan Utara Papua Barat – Papua.

Dengan kondisi tersebut tinggi gelombang 2,5 – 4,0 meter atau masuk kategori tinggi berpeluang terjadi di perairan Jawa, yang meliputi:
1. Perairan Selatan Cianjur
2. Perairan Selaran Garut
3. Perairan Selatan Tasikmalaya
4. Perairan Selatan Pangandaran
5. Samudera Hindia Selatan Cilacap

Baca Juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Pantai Selatan Jawa, termasuk Yogyakarta

6. Samudera Hindia Selatan Kebumen
7. Samudera Hindia Selatan Purworejo
8. Samudera Selatan Yogyakarta
9. Samudera Hindia Selatan Cianjur
10. Samudera Hindia Selatan Garut
11. Samudera Hindia Selatan Tasikmalaya
12. Samudera Hindia Selatan Pangandaran

Baca Juga: Lima Sungai Besar di Purworejo Banjir, 6.085 Warga Mengungsi

Adnan mengatakan, dengan kondisi tinggi gelombang harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter), Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angm lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *