Jadwal Vaksinasi dan Swab Antigen Gratis Selama Libur Lebaran di Yogyakarta

  • Whatsapp
vaksin dan antigen
Ilustrasi vaksin dan swab antigen. (Foto: istimewa)

BacaJogja – Pemkot Yoyakarta selama libur Lebaran dan cuti bersama menyelenggarakan pelayanan kesehatan, vaksinasi Covid-19 dan swab Antigen pada 29 April sampai 8 Mei 2022. Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan menimimalisir penyebaran Covid-19.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Porwadi mengatakan, vaksinasi Covid-19 dan swab Antigen dilakukan dua lokasi, yakni Posko Abu Bakar Ali dan Titik Nol. Jenis vaksin yang diberikan yakni AstraZeneca atau tergantung ketersediaan. “Per hari disediakan 100 kuota untuk memberikan kesempatan kepada pemudik atau wisatawan untuk vaksin atau swab di hari itu,” katanya, Kamis, 28 April 2022.

Read More

Baca Juga: Info Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta April 2022

Heroe mengatakan, pelayanan vaksinasi Covid-19 dan swab Antigen di Parkir Abu Bakar Ali dan Titik Nol Kilometer diadakan setiap hari mulai pukul 13.00- 19.00 WIB pada 28 April sampai 8 Mei 2022. Selain itu menyiagakan seluruh layanan rumah sakit RS Jogja, RS Pratama dan 18 Puskesmas di Kota Yogyakarta. Termasuk kegawatdaruratan melalui PSC call center 119, telepon 0274 420118 atau melalui Aplikasi Jogja Smart Service.

“Meskipun masa libur Lebaran, layanan kesehatan tidak cuti atau libur. Kami juga mempersiapkan berbagai sarana prasarana untuk kondisi darurat dan segala sesuatu yang diperlukan. Presiden akan berada di Yogyakarta pada Idul Fitri otomatis kami juga meningkatkan layanan,” jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Booster AstraZeneca dan Moderna di Yogyakarta April 2022

Pemkot Yogyakata juga mendirikan posko untuk keamanan dan memberikan pelayanan bagi pemudik dan wisatawan. Ada tiga posko utama yaitu Titik Nol Kilometer, Jalan Abu Bakar Ali (rel utara Malioboro) dan Tugu Yogyakarta. Selain itu juga pos pantau di seputaran pinggiran di Kota Yogyakarta.

“Operasional posko melibatkan TNI, Polri, jajaran dinas terkait Pemkot Yogyakarta di antaranya Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan serta organisasi masyarakat seperti Pramuka,” katanya.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Booster Saat Ramadan 2022 di Sleman

Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Arh Tjatur Supriyono menegaskan TNI siap mendukung kegiatan pengamanan selama libur Lebaran. Pengamanan itu berdasarkan potensi-potensi kerawanan yang telah diamati dan dicermati dari kepolisian. Potensi-potensi kerawanan di Kota Yogyakarta adalah kemacetan karena sebagai kota wisata, gesekan-gesekan atau konflik di masyarakat dan kriminal.

Dia mengatakan, TNI akan melaksanakan kegiatan secara statis di tiga posko utama di Tugu, Abu Bakar Ali dan Titik Nol. Pos-pos pantau termasuk di kecamatan-kecamatan. Kegiatan patroli juga ditingkatkan. “Kami siap menyambut tamu dan pemudik yang datang ke Yogyakarta supaya aman, nyaman, tertib dan lancar,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *