Balkonjazz Festival 2022 Menjadi Berkah Bagi Ojek Dadakan

  • Whatsapp
ojek dadakan balkonjazz
Pangkalan ojek dadakan di event Balkonjazz Bodobudur Magelang. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Gelaran Balkonjazz Festival 2022 di Balkondes Karangrejo Borobudur Magelang, Jawa Tengah, terbukti mampu menjadi pengungkit ekonomi warga sekitar. Selain kehadiran Pasar Balkondes bagi pedagang dan pelaku usaha sekitar, event ini juga memberi berkah bagi warga setempat yang menjadi ojek dadakan.

Untuk menghindari kemacetan di tempat acara, maka kendaraan dipusatkan di shelter parkir kemudian penonton diantar oleh ojek dadakan warga sekitar di pangkalan. Dengan jarak tempuh sekitar 800 meter hingga 1 Km pengunjung membayar Rp10.000 sekali antar.

Read More

Baca Juga: Festival Balkonjazz Bikin Camilan Khas Magelang Jet Kolet Kebanjiran Order

Koordinator ojek dadakan Balkonjazz Festival 2022 Aan Priyono, 34 tahun, mengatakan, total ada 52 ojek yang stanby di dua pintu masuk dan shelter parkir yakni Dusun Bumen Jlapan (pintu 1) dan Dusun Kretek (pintu 2).

Dia mengatakan, pengunjung dipatok tarif Rp10.000 jauh dekat dengan sistem tiketing. Sehingga sistem ojek bukan seberapa banyak menarik penumpang tetapi digilir dan gantian. “Berapa pun uang terkumpul nanti akan dibagi rata sesudah dipotong anggaran membuat Id  Card dan air minum,” jelasnya, Sabtu, 14 Mei 2022.

Baca Juga: Gasblock, Ikon Terkini Desa Energi di Balkondes PGN Karangrejo

Dia mengakui baru pertama kali event semacam ini. Antusiasme warga dan pengunjung terus meningkat. Jika ada event lagi dimugkinkan  konsep seperti ini akan jalan terus.

Salah satu warga yang menjadi ojek dadakan yakni Rizky Septian, 27 tahun. Dia sebelumnya adalah pedagang pasar. “Karena ada event ini, maka saya libur jualan dan mending nyari rezeki di sini. Gelaran Balkonjazz Festival 2022 memang dirasakan memberi manfaat utamanya dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Namun, tidak semua pengunjung menggunakan jasa transportasi ojek dadakan ini. Sebagian dari mereka memilih untuk berjalan kaki sambil menikmati pemandangan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *