Mangrove Jembatan Api-api, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

  • Whatsapp
Mangrove Jembatan Api-api kulon progo
Destinasi wisata Mangrove Jembatan Api-api Kulon Progo. (Foto: Facebook/Ipang Ipoeng)

BacaJogja – Mangrove Jembatan Api-api yang berada di Pasir Mendit, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, layak dikunjungi. Sebuah destinasi wisata di Bumi Binangun yang pernah nge-hits.

Tempat ini memadukan konsep alam dan spot-spot foto yang instagramable. Pengujung bisa bersantai sambil foto-foto di sini. Berada di kawasan hutan mangrove, wisatawan dapat merasakan udara segar selama berwisata. Pemandangan semakin keren saat menjelang menjelang malam atau sunset.

Read More

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

“Mangrove Jembatan Api-api seperti surga tersembunyi di Kulon Progo. Tidak salah memang jika Kabupaten Kulon Progo punya slogan The Jewel Of Java,” ujar traveler Ipang pada Kamis, 12 Mei 2022.

Tempat ini dinamakan Mangrove Jembatan Api-api tentu ada maknanya. Destinasi ini menonjolkan sebuah jembatan yang dibangun dengan bentuk yang unik. Jembatan membentang di atas perairan khas mangrove yang tenang. Sedangkan tanaman mangrove yang tumbuh di tempat ini jenis api-api atau dalam bahasa latin avicenia.

Baca Juga: Foto-foto Heboh Buah Kulon Progo di Embung Tonogoro Kalibawang

Memang destinasi wisata yang berada di sebalah barat Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) belum terkenal dibanding tempat lain di Kulon Progo seperti Kalibiru, Waduk Sermo, atau wisata pantai seperti Glagah dan Trisik.

Selain itu, kata dia, banyak wisatawan dari luar daerah yang belum tahu karena kalah pamor dengan Pantai di Bantul dan Gunungkidul. “Padahal saat mengunjungi tempat ini, kita disuguhi pemandangan yang keren, ada hamparan tambak udang, Pantai Mendit yang asri serta udara sejuk di hutan Mangrove,” jelasnya.

Mangrove Jembatan Api-api
Destinasi wisata Mangrove Jembatan Api-api Kulon Progo. (Foto: Facebook/Ipang Ipoeng)

Di tempat ini ada empat jembatan besar yang menyeberangi muara sungai yang berlebar sekitar 800 meter. Di atas jembatan ini cocok untuk untuk berfoto sekaligus memacu adrenalin mengingat jembatan ini dilengkapi permainan yang membutuhkan keseimbangan. Di sekitar jembata juga ada gazebo, tempat untuk bersantai.

Baca Juga: Tujuh Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta Selain Malioboro

Wahana lainnya, pengunjung bisa menaiki perahu berkeliling di muara sungai. Bagi yang suka berpetualang, pengunjung bisa memasuki rimbunnya hutan bakau yang sudah dilengkapi dengan jalan berliku seperti membentuk labirin mini.

Untuk tiket sangat murah, hanya Rp5.000. Hebatnya lagi, tidak ada pungli di sini. Tarif parkir juga murah, hanya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

Destinasi wisata ini juga mudah dijangkau. Berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Wates, Ibu Kota Kulon Progo. Jika masuk dari arah barat atau Purworejo, Jawa Tengah, juga mudah menjangkaunya.

Saat menemui Jembatan Bogowonton, yang merupakan batas Jawa Tengah dan Yogyakarta, belok ke kanan atau selatan selanjutnya mengikuti jalan tersebut hingga menemui Kalurahan Jangkaran, sebuah desa paling barat Kulon Progo. Dari situ sudah ada rambu yang mengaragkan ke lokasi Jembatan Mangrove Api-api, surga tersembunyi di Kulon Progo. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *