Pameran Karya Seniman se-Indonesia Blusukan Kampung di Rozi Artspace Bantul

  • Whatsapp
pameran gambar
Pameran gambar di Rozi Artspace Palbapang Bantul diselenggarakan selama sepekan. (Foto: Dok. Istimewa)

BacaJogja – Karya 42 seniman se Indonesia dipamerkan dalam Pameran gambar di Rozi Artspace yang berada di Pokoh, Kalurahan Palbapang, Kapanewon/Kabupaten Bantul. Pameran secara resmi dibuka pada Minggu, 22 Mei 2022 malam.

Pameran gambar di Rozi Artspace ini bertajuk Pameran Drawing Quarto dalam rangka Gerakan Menggambar Nasional. Pembukaan digelar secara sederhana namun khidmat.

Read More

Baca Juga: Semangat Baja Lintas Batas Komunitas dalam Pameran Seni Rupa Perempuan di Yogyakarta

Sesuai namanya, blusukan kampung, pameran drawing ini sengaja dikonsep tidak berada di galeri tengah kota dengan hiruk pikuknya. Sengaja agar karya seniman ini lebih mendekatkan ke masyarakat.

Pengelola Rozi Artspace, Fahrurozi mengungkapkan, ruang pamer yang digunakan berada di sebuah rumah yang berada di pinggir sawah dan di dalam perkampungan warga. Pameran diselenggarakan selama tujuh hari.

Baca Juga: Cerita Lukisan Bali, Selamat Saat Kebakaran Hebat di Jalan Bantul Yogyakarta

“Harapannya memang untuk mendekatkan karya seni dari teman-teman seniman ini ke masyarakat,” ungkap pria yang juga aktif mengajar kesenian di SMP N 1 Bantul ini di sela pameran sekaligus peresmian Rozi Artspace.

Sementara itu, Koordinator Komunitas GoArt, Wasis Subroto menjelaskan, pameran kali ini diikuti 42 seniman yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap seniman menyertakan tujuh karyanya. “Sebanyak 42 seniman ini ada yang dari Bali, Jakarta, Magelang, Kalimantan, Wonosobo, dan daerah lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Peluncuran Buku Puisi Moods Karya Sonia Prabowo di Tembi Rumah Budaya Bantul

Dia mengatakan, pameran gambar di Rozi Artspace ini merupakan tindak lanjut bersama dari program Forum Drawing Indonesia. Ada tujuh lokasi yang digunakan untuk pameran, salah satunya berada di Rozi Artspace ini.

Wasis menyatakan, tujuan pameran salah satunya mendekatkan karya para seniman kepada masyarakat secara luas. Tak heran beberapa pameran diselenggarakan di ruang pamer yang berada di perkampungan.

Baca Juga: Mengenang Jasa Pahlawan Lewat Pameran di Pendhapa Art Space Yogyakarta

Dia mengakui ada tantangan tersendiri untuk menggelar pemeran seperti ini. Salah satunya bagaimana agar warga yang masih belum terbiasa menikmati pemeran seni rupa akhirnya tidak sungkan untuk mengunjungi lokasi pameran. “Kami harap pameran gambar di Rozi Artspace ini dapat dinikmati oleh semua kalangan,” kata Wasis. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *