Wisatawan asal Temanggung Terseret Ombak Pantai Parangtritis Bantul

  • Whatsapp
ombak parangtritis
Petugas memberikan pertolongan kepada wisatawan yang terseret ombak Pantai Parangtritis Bantul. (Foto: Polda DIY)

BacaJogja – Ombak Pantai Parangtritis Bantul, Yogyakarta nyaris membawa musibah, Sabtu, 11 Juni 2022. Satu orang wisatawan terseret ombak di destinasi wisata unggulan Bumi Projotamansari ini.

Diketahui wisatawan yang terseret ombak balik ini bernama Ibnu Rusmadi, 25 tahun, satu dari rombongan wisatawan asal Pringaurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Read More

Baca Juga: Kronologi Bocah Asal Kokap Terseret Ombak Pantai Congot Kulon Progo

Anggota Ditpolarud Polda DIY Bharaka Gregorius Septian mengatakan, korban terseret ombak saat bermain air di Pantai Parangtritis Bantul sekitar pukul 12.15 WIB. “Ternyata arus balik saat itu cukup kuat, sehingga mengakibatkan seorang pengunjung terseret ke tengah,” katanya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Peristiwa itu spontan membuat panik pengunjung yang ada di sekitarnya. Beruntung, Petugas SAR Satlinmas Wil Ops III dan Anggota Ditpolarud Polda DIY tidak jauh dari TKP. Petugas yang melihat langsung mengejar korban dan memberikan pertolongan.

Baca Juga: Wisatawan Asal Klaten Terseret Ombak Pantai Parangkusumo Bantul

Perjuangan petugas berjibaku dengan keganasan ombak akhirnya membuahkan hasil. Korban berhasil diselamatkan dan distabilkan di Posko SAR Parangtritis.

Bharaka menjelaskan, bahwa posisi korban memang riskan terseret arus balik. Pasalnya,, arus balik yang cukup kuat ini bisa menyeret orang ke tengah, karena pasir yang tempat berpijak para pengunjung juga ikut terseret ke tengah.

Baca Juga: Asyik Main Bola, Bocah Terseret di Ombak Pantai Logending Kebumen

“Sehingga, korban tidak bisa memijak pasir untuk bertahan terhadap arus balik, inilah yang akhirnya membuat korban tidak bisa bertahan di posisinya dan terseret ke tengah laut,” tutur dia.

Anggota SAR Satlinmas Dadang Biantoro mengatakan, setelah berhasil diselamatkan, korban diobservasi di Posko. “Kami pastikan kondisinya sebelum nantinya diizinkan untuk melanjutkan perjalanan wisatanya,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *