Sempurna, Batagor Favorit dan Legendaris di Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
batagor jogja
Batagor Sempurna, legendaris dan favorit di Kota Yogyakarta. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Jogja)

BacaJogja – Pencita kuliner tentu sudah tidak asing dengan batagor atau singkatan dari bakso tahu goreng ini. Di Yogyakarta banyak ditemui penjual jajanan ini di sekolah-sekolah atau berkeliling di perkampungan atau perumahan.

Ada juga yang mangkal atau membuka lapak atau warung di pinggir jalan. Salah satu yang sudah lama dan masuk kategori legendaris di Yogyakarta adalah Batagor Sempurna, yang beralamat di Jalan Colombo Samirono, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tepatnya di depan SPBU Sagan sehingga banyak yang menyebutnya Batagor Sagan.

Read More

Baca Juga: Slasar Malioboro dan Empat Tempat Kuliner Asyik di Kota Yogyakarta

Adalah Dalwadi, pria yang membuka Warung Batagor Semperna sejak 1992 ini. Batagor Sempurna telah menjadi jajanan legendaris. Batagor buatan Dalwadi menggunakan ikan tengiri pada adonannya, baik batagor maupun siomay.

Batagor buatan Dalwadi ini punya ciri khas digoreng hingga benar-benar kering atau garing. Saat dikunyah bunyi kriuk-nya terdengar nyaring. Selain itu, ciri khas lainnya yakni isian yang kenyal dan bumbu kacang yang kental serta gurih. Penyuka pedas bisa menambahkan sambal.

Baca Juga: Warung ā€œUā€ Miliran Yogyakarta, Dulu Jaya Kini Tinggal Kenangan

Batagor Sempurna menjadi favorit karena olahannya yang selalu baru. Bahan digoreng di tempat pada saat dipesan sehingga selalu tersaji dalam kondisi hangat. Lantas berapa harga batagor per porsi? Cukup terjangkau, cukup Rp10.000 saja.

Tak sulit menemukan warung ini. Warung ini berupa enda biru dengan spanduk panjang dengan foto batagor, siomay dan bubur ayam. Ya, Dalwadi menjajakan tiga produk utama itu.

Baca Juga: Gulai Sapi Pak Samin yang Legendaris, Ada Kemurahan Hati Warga Jogja

Jadi, jika pengunjung ingin mencicipi menu selain batagor juga tersedia. Siomay dan bubur ayam juga tidak kalah lezat dan legendaris di kalangan mahasiswa dan pelajar yang memang selama ini menajdi pelanggan utamanya. Selain itu disediakan juga menu campuran batagor dan siomay dengan harga sama.

Warung Batagor Sempurna ini biasanya beroperasi mulai pukul 13.00 WIB hingga 22.00 WIB. Dalam sehari setidaknya bisa menjual 200-300 porsi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *