Cegah Kecelakaan, Jalan Parangtritis Bantul Dipasangi Water Barrier

  • Whatsapp
water barrier jalan parangtritis
Satlantas Polres Bantul bersama instasi terkait memasang water barrier di Jalan Parangtritis. (Foto: Dok. Pemkab Bantul)

BacaJogja – Ruas Jalan Parangtritis Bantul, tepatnya depan Kantor Kalurahan Patalan, Kapanewon Jetis sampai dengan selatan SMP Negeri 3 Jetis menjadi lokasi rawan kecelakaan. Langkah antisipasi dilakukan untuk menekan kasus kecelakaan di lokasi tersebut, salah satunya dengan memasang water barrier.

Pemasangan water barrier dilakukan Satlantas Polres Bantul bersama instansi terkait pada Kamis, 16 Juni 2022. “Kegiatan rekayasa lalu lintas ini diharapkan bisa mencegah maupun mengurangi kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut,” ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono SH.

Read More

Baca Juga: Sukses Menekan Kecelakaan, Water Barrier Pertigaan Cepit – Gapura Bantul Diperpanjang

Menurut dia, lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan karena beberapa faktor. Antara lain karena kondisi ruas jalan yang lurus namun banyak simpul pertigaan dan perempatan.

Dia mengatakan, kondisi ruas jalan yang seperti itu yang harus diwaspadai pengguna kendaraan terutama pada jam sibuk. “Di lokasi tersebut, sebelumnya sering terjadi laka lantas, semoga dengan upaya ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan,” tutur Maryono.

Baca Juga: Rawan Kecelakaan, Jalan di Bantul Ini Dipasang Water Barrier 300 Meter

Instansi yang terlibat antara lain BPTD Wilayah X Provinsi Jateng & D.I. Yogyakarta, Jasa Raharja, Bappeda, Lurah Patalan, Dishub, TNI, Polsek Jetis dan Dinas PU ESDM.

Pemasangan water barrier ini sebelumnya pernah diterapkan di ruas jalan lain. Seperti di Jalan Bantul, mulai dari pertigaaan Cepit hingga Gapura Batas Kota Bantul.

Kemudian ruas Jalan Parangtritis, dari Kantor Samsat Sewon hingga depan SMA N 1 Sewon. Area yang masuk kategori black spot ini dipasangani water barrier sepanjang 300 meter. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *