Kecelakaan Kerja di Kulon Progo, Penyadap Nira Meninggal Terjatuh dari Pohon

  • Whatsapp
ilustrasi jenazah
ilustrasi jenazah. (Foto: Gatra)

BacaJogja – Kecelakaan kerja terjadi di Segajih, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Trisno Sugito, 73 tahun, ditemukan tergeletak karena terjatuh dari pohon kelapa saat sedang menyadap nira untuk dibuat gula kelapa.

Kejadian nahas ini terjadi di dekat rumah korban pada Minggu, 26 Juni 2022. Belum diketahui secara pasti penyebab pria yang kesehariannya menyadap nira ini bisa terjatuh.

Read More

Baca Juga: Dua Pria di Kulon Progo Ditemukan Meninggal Terjatuh dari Atap dan Pohon

Peristiwa nahas ini diketahui oleh Suparmin, tetangga yang saat itu sedang memperbaiki genting rumahnya yang bocor. Saat itu dia melihat Trisno Sugito sedang memanjat pohon kelapa.

Saksi tidak ingat berani pohon yang sudah dipanjatnya saat itu. “Tiba-tiba saya mendengar benda jatuh,” katanya, Senin, 27 Juni 2022.

Suparmin lalu memberitahu kepada saksi lain, Supari untuk mengecek sumber suara. Saat ditengok ternyata korban sudah dalam kondisi tergeletak di bawah pohon kelapa.

Baca Juga: Penyadap Nira di Kulon Progo Meninggal Terjatuh dari Pohon Kelapa

Saat dicek, korban mengalami luka lecet pada kaki kiri, pinggang kiri dan pada bibir. Warga mengangkat lalu dibaawa ke rumah korban. Sebagian memanggil petugas kesehatan dari Puskesmas Kokap 2.

Tak lama berselang, petugas datang dan melakukan pemeriksaan. Saat diperiksa itu, petugas memastikan korban sudah meninggal. “Korban sudah meninggal lalu kemudian oleh keluarga dimakamkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Warga Samigaluh Kulon Progo Meninggal Jatuh dari Pohon Mahoni

Kecelakaan kerja yang menimpa penyadap nira di Kulonprogo sudah beberapa kali terjadi. Saat memanjat pohon kelapa untuk mengambil nira, mereka tidak menggunakan alat pelindung diri. Biasanya kecelakaan terjadi ketika mereka bermaksud turun dari atas usai mengambil nira. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *