Kerugian Kebakaran Hebat Gudang Cat di Bantul Rp2 Miliar

  • Whatsapp
kebakaran di bantul
Petugas berjibaku menjinakkan kebakarn gudang cat di Bantul. (Foto: Dok. Polres Bantul)

BacaJogja – Kebakaran hebat melanda gudang cat milik CV Putra Mandiri Indonesia di Padukuhan Sribitan, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Jumat, 7 Oktober 2022 malam.

Kebakaran juga merembet ke pabrik yang berada di sebelahnya, yakni PT. Roma Export. Pabrik ini mengolah kerajian panel kayu dan panel composite. Sebanyak 15 mobil pemadam kebakaran dilibatkan untuk menjinakkan si jago merah.

Read More

Baca Juga: Kebakaran di Depok Sleman, Tiga Orang Meninggal

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun kerugian material yang diderita CV Putra Mandiri Indonesia ditaksir Rp2 miliar.

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo mengungkapkan, kebakaran diketahui sekitar pukul 18.30 WIB. Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh Kuwat, 45 tahun, warga setempat. “Saksi mengetahui kebakaran karena rumahnya rumahnya berada di depan lokasi kebakaran,” katanya.

Baca Juga: Gudang Oven Kayu di Bantul Terbakar, Kerugian Rp700 Juta

Api langsung cepat membesar. Saksi langsung melapor ke Ketua RT dan Dukuh setempat. Kemudian melaporkan ke pihak pemadam kebakaran dan Polsek Kasihan. “Saat itu api sudah berkobar mengeluarkan asap tebal hitam membumbung hingga ketinggian sekitar 20 meter,” ujar Kapolsek.

Terjadi Beberapa Kali Ledakan

Selain itu, sempat terjadi beberapa kali ledakan dari dalam gudang. Diduga sumber ledakan berasal dari tong ukuran 200 liter yang berisi tiner.

Upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan 15 unit kendaraan damkar dari Bantul, Kulon Progo, Sleman, Kota Yogyakarta dan UGM. Kemudian api dapat dipadamkan sekitar pukul 22.20 WIB.

Baca Juga: Kebakaran Hebat Melanda SDN 1 Delegan Prambanan Sleman

Kapolsek mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Total kerugian materiil dari CV Putra Mandiri Indonesia ditaksir sekitar Rp 2 miliar.

Sedangkan PT Roma Export mengalami kerugian berupa gudang utama yang berisi panel kayu, panel composit, bahan finishing dan mesin laser engraved.

Sementara itu penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian. (Polres Bantul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *