Karnaval-Kirab dan Agenda Lain Hari Santri Nasional 2022 di Sleman

  • Whatsapp
Logo Hari Santri Nasional 2022
Logo Hari Santri Nasional 2022. (Istimewa)

BacaJogja – Pemkab Sleman melalui Badan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kementerian Agama Kabupaten Sleman menggelar rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang diperingati setiap 22 Oktober. Selain itu juga menggelar setidaknya tiga lomba dalam acara bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan ini.

Adapun lomba yang digelar di Sleman yakni:
1. Karnaval dan Kirab Santri
Lomba diperuntukkan bagi Perwakilan santriwan atau santriwati madin, TPA, madrasah yang masih aktif dalam lembaga/pesantren di wilayah Kabupaten Sleman dan dibuktikan memiliki surat keterangan dan nama peserta.

Read More

Baca Juga: Mujahadah MWC NU Pundong Memperingati Hari Santri Nasional 2021

Lomba digelar di Lapangan Denggung Sleman pada 22 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB-selesai. Rute lomba: Start lapangan Denggung dan finish di lapangan pemda Kabupaten Sleman.

2. Lomba Hadroh
Lomba diperuntukkan bagi seluruh santriwan atau santriwati yang masih aktif, dan bermukim di Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Sleman yang telah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren Kementerian Agama.

Baca Juga: Sambut Hari Santri 2021, Lesbumi Bantul Gelar Festival Literasi dan Musik

Pelaksanaan Lomba 20 Oktober 2022, pukul 08.00 WIB-selesai di Gedung Kesenian Sleman. Setiap pondok pesantren dapat mengirimkan lebih dari satu grup, dan setiap grup membawa peralatan sendiri. Masing-masing grup rebana/hadroh membawakan 1 lagu wajib “Lagu Hari Santri 22 Oktober” atau Mars Hari Santri Nasional, dan 1 lagu bebas. Jingle wajib meyertakan kalimat berikut:
• Hari Santri
• Santri Untuk Negeri
• Sleman Sembada

Baca Juga: PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, Wujud Apresiasi untuk Para Santri

3. Lomba Cerdas Cermat
Lomba diperuntukkan bagi seluruh santriwan atau santriwati yang masih aktif, dan bermukim di Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Sleman yang telah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren Kementerian Agama.

Lomba dilangsungkan pada Aula Unit I Pemda Sleman pada Senin, 17 Oktober 2022. Peserta lomba dalam bentuk tim yang beranggotakan 3 orang, dengan komposisi 1 regu putri atau 1 regu putra, yang berasal dari satu pondok pesantren yang sama. Setiap pondok pesantren dapat mengirimkan lebih dari satu regu.

Baca Juga: Ratusan Santri Bersih-bersih Sampah di Pantai Parangtritis Bantul

Sejalan dengan tema yang diusung, materi yang diperlombakan dalam cerdas cermat santri kali ini ialah seputar wawasan kebangsaan, wawasan kepemudaan, keistimewaan DIY, serta pengetahuan tentang Sleman. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *