Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Membentuk Segitiga Emas Jogja-Solo-Semarang

  • Whatsapp
tol jogja - bawen
Jalan Tol Jogja-Bawen (Foto: Kemneterian PUPR)

BacaJogja – Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Pembangunan tol Yogyakarta-Bawen sedang ditunggu masyarakat.

Targetnya bisa rampung konstruksi pada akhir 2023. Sedangkan target dapat tersambung seluruhnya pada akhir 2024. Total panjang jalan ton ini 75,82 kilometer, terhubung juga dengan tol Solo Yogyakarta-Yogyakarta International Airport di Junction Sleman dan tol Semarang-Solo.

Read More

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di DIY Resmi Dibangun, Sri Sultan Berharap Warga Sejahtera

Dengan kata lain, jalan tol ini akan membentuk segitiga emas yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan konektivitas Joglosemar atau Jogja-Solo dan Semarang.

Namun sejauh ini progresnya masih minim. Jika melihat laporan progres konstruksi jalan tol Non Trans Jawa Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang terdiri 6 seksi per Oktober 2022, sebagai berikut:

Seksi 1 Sleman-Banyurejo (8,25 km) konstruksi 5,06 persen
Seksi 2 Banyurejo-Borobudur (15,26 km) belum mulai konstruksi
Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,08 km) belum mulai konstruksi
Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,26 km) belum mulai konstruksi
Seksi 5 Temanggung-Ambarawa (22,56 km) belum mulai konstruksi
Seksi 6 Ambarawa-Junction Bawen terkoneksi Tol Semarang-Solo (5,21 km) belum mulai konstruksi.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen, di Atas Selokan Mataram Dibangun Melayang 4,4 Km

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J Dwi Winarsa mengatakan, jalan Tol Yogyakarta-Bawen termasuk dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur.

Menurut dia jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat. “Dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam,” katanya seperti dikutip dari cnbcindonesia, Senin, 17 Oktober 2022.

Baca Juga: Detail Jadwal Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen

Jalan tol ini dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa. Pembangunan tol ini dibuat untuk mendukung kawasan segitiga emas terutama akses pada kawasan pariwisata khususnya Candi Borobudur, Candi Prambanan, hingga Candi Ratu Boko. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *