Pakai Danais, Pemkot Bangun Taman Budaya di Embung Giwangan Yogyakarta

  • Whatsapp
Hari Ulang Tahun ke-25 YAJ di Embung Giwangan
Sekda Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat membuka kegiatan Hari Ulang Tahun ke-25 Yogyakarta American Jeep (YAJ) di Embung Giwangan, Sabtu, 22 Oktober 2022. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pemkot Yogyakarta akan membangun Taman Budaya di Kawasan Embung Giwangan, Kemantren Umbulharjo. Pembangunan yang bersumber dari Dana Keistimewaan DIY ini dilakukan secara bertahap.

Embung Giwangan belum dibuka resmi untuk publik karena pembangunan belum selesai. Namun masyarakat dapat memanfaatkan lokasi Embung Giwangan dengan mengajukan surat kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Sri Sultan: Keistimewaan DIY, Kalurahan Jadi Ujung Depan Pemberantasan Kemiskinan

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, rencananya Taman Budaya Kota Yogyakarta akan dibangun di Embung Giwangan. Pembangunan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran.

“Rencananya pada tahun 2023 pengembangan Taman Budaya Kota Yogyakarta di Embung Giwangan menggunakan Dana Keistimewaan DIY. Tahun depan akan kita bangun Taman Budaya Kota Yogyakarta di Embung Giwangan,” katanya saat membuka kegiatan Hari Ulang Tahun ke-25 Yogyakarta American Jeep (YAJ) di Embung Giwangan, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Baca Juga: Jadwal Event Satu Dasawarsa Keistimewaan Yogyakarta, Agustus-September 2022

Dia mengatakan, Embung Giwangan ini adalah salah satu titik ungkit Kota Yogyakarta bagian selatan. Pihaknya mendukung komunitas YAJ yang menggelar kegiatan di Embung Giwangan ini. Apalagi dalam kegiatan itu juga melibatkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sekitar Embung Giwangan.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa mengungkit masyarakat Kota Yogyakarta sisi selatan. Kegiatan ini menjadi awal untuk mengungkit Yogya selatan di Embung Giwangan,” katanya.

Baca Juga: Penampakan Desain Bangunan yang Bakal Jadi Ikon Yogyakarta di Malioboro

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo berharap pada hari ulang tahun ke25 komunitas YAJ bisa memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat. Di samping itu memberikan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY. “Terbukti kegiatan ini menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif sekitar dan bisa memberikan dampak ekonomi. Terima kasih atas kolaborasinya juga dengan Pemkot Yogyakarta,” paparnya.

Ketua Umum YAJ, Basyori Buyung berterima kasih kepada Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta yang memberikan dukungan dalam event ulang tahun ke-25 YAJ. Terutama kepada Pemkot Yogyakarta melalui UPT Pengelolaan Taman Budaya yang memberikan izin Embung Giwangan digunakan untuk kegiatan YAJ.

Baca Juga: UU Keistimewaan dan Peluang Bisnis Kostum Kesenian di Yogyakarta

Dia menyebut YAJ setidaknya memiliki 667 anggota pecinta mobil American Jeep. “Ulang tahun ke 25 YAJ kami kemas dalam bentuk yang berbeda. Acara ini kami tujukan untuk masyarakat Kota Yogyakarta. Kami berharap masyarakat di sekitar Embung Giwangan bisa terhibur, warga sekitar embung atau pelaku UMKM juga mengikuti acara ini,” kataya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *