Delapan Spot Sunrise Keren dan Menakjubkan di Yogyakarta

  • Whatsapp
spot sunrise bukit panguk
Spot sunrise di Bukit Panguk, Dlingo, Bantul (Foto: visitingjogja)

BacaJogja – Sang surya yang memancar pertama kali di pagi hari menjadi pemandangan yang cantik. Tak heran, saat matahari terbit ini menjadi hiburan tersendiri bagi para pemburu sunrise. Para pemburu sunrise rela melancong ke suatu tempat untuk mencari momen tersebut.

Di Yogyakarta, banyak spot sunrise menarik dan indah. Sangat keren untuk diabadikan. Banyak orang menyebutnya dengan golden sunrise karena matahari yang terbit memancarkan warna keemasan yang indah.

Read More

Baca Juga: Rekomendasi Objek Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

Berikut delapan spot sunrise keren di Yogyakarta yang dirangkum visitingjogja:

1. Bukit Cendana
Lokasinya berada di Tegiri 2, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Bukit Cendana ini dapat menikmati dua momen sekaligus yaitu sunrise dan sunset. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona, dengan disediakannya gardu pandang sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan keren, hamparan hijau serta luasnya Waduk Sermo terlihat jelas dan menarik dari atas Bukit Cendana.

Lokasinya dari Tugu Yogyakarta berjarak 38 Kilometer. Dapat ditempuh dengan kendaraan sekiar 1 jam 18 menit. Biaya masuk lokasi cukup Rp5.000 dan parkir Rp2.000 untuk motor.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

2. Gunung Ireng
Gunung Ireng berada Ngrancahan, Pengkok, Kapanewin Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung ini terdiri dari batu–batuan hitam yang dikelilingi sedikit pepohonan. Bebatuan yang ada di tempat ini mirip dengan yang ada di bukit Nglanggeran.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini membuat suasana di daearah Gunung Ireng ini sejuk dan dingin, dijamin betah menikmati suasana sunrise di sini.

Lokasinya berjarak 25,6 Km dari Tugu Yogyakarta. Untuk menuju ke sana butuh waktu tempuh 1 jam perjalanan. Harga tiket masuk di Gunung Ireng cukup Rp5.000.

3. Bukit Panguk
Lokasinya di Kediwung, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang berjarak 28 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 2 menit dari Tugu Yogyakarta.

Tempat ini direkomendasikan dikunjungi saat matahari belum terbit, karena sajian alam di pagi hari sangat mempesona dan memanjakan mata, pikiran, dan hati. Lautan awan yang berada di kaki Bukit Panguk serta matahari yang mengintip dari bukit merupakan point utama pemkalianngan di Bukit Panguk ini.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Tiket masuk ke Bukit Panguk sangat murah yaitu Rp3.000 dan untuk parkir cukup Rp2.000 saja. Dengan kata lain, Rp5.000 sudah dapat menikmati keindahan sunrise yang menawan.

4. Pantai Sundak
Pantai ini berada di Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 67 Km atau 1 jam 53 menit.

Pantai Sundak menjadi tempat wisata pantai yang menarik dan menakjubkan karena pasir putih di tepi pantainya cukup luas. Selain itu, tebing-tebing atau batuan karang menjadi daya tarik saat mengunjungi pantai ini. Kesan eksotis dan alami sangat terasa.

Di pantai ini bisa melakkan banyak aktivitas seperti bermain sepak bola pantai, volly, atau game outbond beramai-ramai sembari menikmati keindahan pantainya.

Baca Juga: Sensasi Menyusuri Hutan Wisata Mangrove Baros Bantul dengan Kano

5. Bukit Ngisis
Bukit Ngisis berada di Nglinggo Barat, Kalurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini dinamakan Bukit Ngisis yang dalam bahasa Jawa, “ngisis” memiliki arti tempat mencari semilir angin sepoi-sepoi.

Bukit ini berada di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaaan laut (Mdpl). Dari puncak bukit, ini bisa menikmati pemandangan indah. Saat langit cerah, bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Di puncak bukit ini juga, kalian juga bisa menanti sunrise dan sunset. Sangat cocok berwisata di sini pada pagi hari sebelum matahari menyingsing. Untuk biaya masuk cukup membayar Rp5.000 saja.

Baca Juga: Tujuh Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta Selain Malioboro

6. Gunung Merapi
Gunung ini yang sering menjadi patokan mata angin ini terlihat gagah dari sudut Kota Yogyakarta. Gunung yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini punya satu spot sunrise terbaik yang ada di Yogyakarta.

Meski jadi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, tapi keindahan alam dari puncak selalu menggoda. Namun untuk saat ini pendakian masih ditutup karena status gunung masih dalam level Siaga.

7. Pantai Krakal
Pantai Krakal dapat menikmati indahnya matahari terbit dengan sangat mempesona, dipadukan hamparan luas lautan lepas dari bibir pantai. Batuan di tengah pantai menjadi pemandangan yang eksotis dan menawan.

Direkomendasikan mengunjungi pantai ini saat cuaca sangat cerah. Pesona matahari terbit dan tenggelam terlihat keren.

Pantai Krakal ini berada di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan jarak 65 Km dengan jarak tempuh waktu 1 jam 51 menit dari Tugu Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Enam Desa Wisata Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

8. Pantai Jungwok
Pantai Jungwok berada di Pendowo, Kaluraan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarakanya sekitar 76 Km atau 2 jam 19 menit dari pusat Kota Jogja.

Pantai ini memiliki keindahan sunrise yang susah untuk diungkapkan kata-kata karena saking indahnya. Pantai yang berada di tepi pesisir pantai timur Yogyakarta masih kurang belum banyak dijamah wisatawan.

Untuk mencapai pantai ini perlu effort yang lumayan besar, karena dari lokasi parkir menuju pantai harus berjalan sejauh 1 Km yang memiliki medan jalan bebatuan cukup terjal.

Namun ketika mencapai pantai ini tentu sangat terbayarkan lelah yang kita jalani, apalagi menikmati pantai ini di pagi hari ketika matahari terbit. Perpaduan panorama alam lautan dan langit bersama sang surya menyingsing menjadi satu padu. (visitingjogja)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *