Sensasi Menyusuri Hutan Wisata Mangrove Baros Bantul dengan Kano

  • Whatsapp
susuri opak
Menyusuri muara Sungai opak dengan kano di kawasan tersebut memberi sensasi tersendiri. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Berwisata terbukti meningkatkan imun tubuh. Apalagi wisata bernuansa olahraga seperti di kawasan wisata Hutan Mangrove Baros dengan menyusuri Sungai Opak atau Winongo dengan perahu atau kaano.

Perjalanan menyusuri dengan kano ini membuat anda takjub dengan pemandangan di sekelilingnya. Selama perjalanan tersaji pemandangan yang eksotik.

Read More

Baca Juga: Bukit Bego Imogiri Bantul, Tempat Liburan Murah di Yogyakarta

Penasaran dengan lokasinya? Silakan datang ke Hutan Wisata Mangrove Baros yang berada di Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengunung bisa bermain kano di sepanjang aliran Sungai Opak atau Winongo.

Anda perlu menyewa kapal untuk berkeliling sungai. Pengujung bisa menyusuri Sungai Opak yang panjangnya mencapai 1,5 kilometer.

kano hutan mangrove
Menyusuri muara Sungai opak dengan kano di kawasan tersebut memberi sensasi tersendiri. (Foto: Pemkab Bantul)

Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menyaksikan beragam jenis burung yang tinggal di kawasan hutan mangrove. Di kawasan ini terdapat kurang lebih 49 jenis burung seperti burung Gelodok, burung Uca, burung kuntul, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Wisata Alam Batu Kapal Bantul, Tempat Syuting Film KKN di Desa Penari

Ada 10 buah kano yang disiapkan pengelolanya. Ready fullday hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk hari biasa bisa melakukannya naamun mesti booking terlebih dahulu.

Awal Mula Hutan Wisata Mangrove Baros

Hutan wisata Mangrove Baros ini ada sejak 2003. Kawasan ini pada awalnya hanya berupa muara Sungai Opak biasa yang gundul tanpa ada tumbuhan. Tentu kondisi tersebut terancam terkena abrasi dari pantai dan banjir yang berasal dari Sungai Opak.

Warga sekitar berinisiatif menanam mangrove. Lama-kelamaan mangrove yang ditanam tumbuh besar hingga menjadi hutan yang rimbun menjadikan muara Sungai Opak dan Pantai Baros terlihat lebih hijau. Pemandangannya pun menjadi lebih indah sehingga menjadi magnet baru bagi pengunjung yang penasaran.

Baca Juga: Wisata Hits Jogja, Naik Dokar Dinosaurus Keliling Telaga Potorono Bantul

Wisata Hutan Mangrove Baros menawarkan pemandangan hamparan hutan mangrove yang hijau membentang luas. Luasnya kurang lebih 4 hektar berpadu dengan sawah yang hijau dan angin yang berhembus memberi sensasi kesejukan yang menenangkan.

Di sana juga ada pemandangan sawah yang subur. Jika berkunjung saat sore hari, angin yang berhembus semakin kencang dan memanjakan.

kano opak baros bantul
Menyusuri muara Sungai opak dengan kano di kawasan tersebut memberi sensasi tersendiri. (Foto: Pemkab Bantul)

Memasuki kawasan Hutan Mangrove Baros akan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan hutan mangrove yang menakjubkan. Ada pohon mangrove berpadu dengan ragam jenis tanaman lain seperti Brugueira, Nypha, Avicennia, Rhizophora dan lainnya.

Di sini anda bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana. Selain sebagai obyek wisata kini Hutan Mangrove Baros dijadikan sebagai kawasan konservasi untuk menjaga ekosistem muara sungai.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Agrowisata Pabrik Gula Madukismo Bantul Yogyakarta

Jadi di sini anda tidak hanya berwisata alam namun bisa sekaligus berwisata edukasi, sangat paket lengkap bukan. Kawasan ini sangat cocok sebagai tujuan wisata dengan mengajak keluarga besar anda.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang ada di Objek Wisata Hutan Mangrove Baros terbilang lumayan lengkap. Fasilitas dan pelayanan di antaranya area parkir kendaraan, penyewaan perahu atau kano, Kamar mandi atau MCK, tempat istirahat, warung makan, konservasi mangrove dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Bukit Bego, Lokasi Kecelakaan Maut yang Merenggut 13 Nyawa di Imogiri Bantul

Untuk transportasi menuju ke lokasi cukup mudah. Pengujung yang naik kendaraan pribadi, cukup mengetik Objek wisata Hutan Mangrove Baros lewat Google Maps langsung diarahkan ke lokasi.

Namun, jika ke lokasi dengan bus umum, nanti parkir di terminal bus kota Bantul. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek atau atau menyewa kendaraan yang jaraknya tidak begitu jauh. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *