Pencipta Syair Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf, Ini Versi Aslinya

  • Whatsapp
lagu joko tingkir asli
Screenshot video TikTok lagu Joko Tingkir yang asli. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet populer dan viral. Namun, plesetan lagu tersebut menuai kontroversi dan protes dari sejumlah kalangan.

Seorang YouTuber asal Lampung, Tama Halu selaku pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet pun akhirnya meminta maaf. Pencipta lagu yang diketahui bernama asli Pratama ini akhirnya muncul ke publik dan meminta maaf tentang lirik lagu Joko Tingkir yang dibuatnya.

Read More

Baca Juga: Daftar 20 Warisan Budaya Tak Benda di Bantul, Ada Sate Klatak hingga Nini Thowong

Permintaan maaf itu disampaikan melalui sebuah video yang diunggah lewat kanal YouTube-nya, Tama Halu 008. “Di kesempatan kali ini izinkan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya Kepada masyarakat Lamongan dan pihak-pihak yang tersinggung atau kurang berkenan karena saya telah membuat lirik menggunakan nama Joko Tingkir. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata Pratama.

Tama Halu atau Pratama mencipta lagu yang viral itu pada awal 2021. Dia mengunggahknya di YouTube dan menjadi viral dan trending musik di YouTube. Bahkan beberapa artis ternama antara lain Trio Tingkir (Cak Percil, Denny Caknan, Sodiq New Monata), Happy Asmara, dan Yeni Inka pun turut menyanyian lagu itu.

Baca Juga: Sejarah Bangunan Bruderan yang Kini Menjadi SMA Pangudi Luhur Yogyakarta

Popularitas lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang bergenre dangdut koplo bergaya parikan (mirip pantun) ini menuai protes dari berbagai pihak. Salah satu yang keberatan dengan lirik “Joko tingkir ngombe dawet, Jo dipikir marai mumet,” ini adalah Gus Muwafiq.

Bahkan Gus Muwaffiq mengaku merasa jengkel lirik lagu yang diplesetkan itu. Dia menyebutkan, pengarang lagu tidak mengetahui sejarah. “Joko Tingkir bukan orang sembarang. Joko Tingkir adalah ulama besar yang menurunkan ulama-ulama di Jawa,” katanya seperti dikutip dari NU Online.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Yogyakarta Hadiningrat

Lantas jika Tama Halu atau Pratama memplesetkan syair lagu Joko Tingkir, mana yang versi aslinya? Berikut syair lagu Joko Tingkir yang konon merupakan versi aslinya:

Sholatullah salammullah ‘Alaa thoha rosuuulillah

Sholatullah salammullah ‘Alaa yasi khabiibillah

Joko Tingkir Wali Jowo
Muride Sunan Kali Jogo
Wis Masyhur ing Nuswantoro
Dadi Wali yo Dadi Rojo

Legendane Joko Tingkir
Joko gagah sregep dzikir
Satuhune yatim piatu
Biso sukses kerono mituhu

Ngabdine ing Demak Bintoro
Banjur diangkat dadi rojo
Misine nyebarke agomo
Agomo Islam Agomo Mulyo

Joko Tingkir Wali masyhur
Joko Tingkir rojo luhur
Joko Tingkir pangkate luhur
Mugi kito ketularan makmur

Tawassulan karo Joko Tingkir
Biso ngilangi mumete pikir
Joko Tingkir sebabe wali
Difatihai biso amberkahi []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *