Mahasiswa Mapala UNS Solo Meninggal Terjatuh di Gua Braholo Gunungkidul

  • Whatsapp
korban gua braholo gunungkidul
Tim SAR Gabungan membawa korban asal Mapala Solo yang terjatuh di Gua Braholo menuju RSUD Wonosari, Minggu,26 Maret 2023. (Foto: Basarnas)

BacaJogja – Noval Bachrul Ulum, 22 tahun, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah ditemukan meninggal di Gua Braholo Gunungkidul pada Minggu, 26 Maret 2023.

Mahasiswa asal Tegal, Jawa Tengah ini terjatuh yang berada di Padukuhan Ngandong, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Pelajar Meninggal Hanyut di Sungai Oya Sri Gethuk Gunungkidul

Kordinator Pos Basarnas Gunungkidul Sulis Haryanto mengatakan, kronologi kejadian bermula saat korban beserta lima rekannya berangkat dari Mapala PMPA VAGUS UNS menuju ke Gua Braholo, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Minggu 26 Maret 2022 Berangkat pukul 07.00 tiba di lokasi pukul 09.00 WIB tiba lokasi.

Korban beserta beserta temannya, Agra Abinawa dan Nita Diah Putri memasang tali safety di atas tebing. Setelah tali terpasang, korban beserta rekannya mencari titik ancor untuk menalikan tali karmantel guna menuruni gua.

Baca Juga: Dianggap Meresahkan Warga, Polsek Saptosari Gunungkidul Tangkap ODGJ

Sesaat kemudian korban menemukan titik yang akan digunakan sebagai ancor kemudian tali ditalikan di batu. Pada saat korban akan menaruh bantalan tali karamantel, korban tiba-tiba terjatuh terglincir.

Korban berteriak dan tertahan oleh tali safety, namun batu yang digunakan untuk tali safety tidak kuat hancur yang mengakibatkan korban terjatuh ke dasar gua. Saksi Arga kemudian memanggil korban namun tidak ada respons. “Saksi Nita ke Pantai Siung untuk memiminta bantuan Tim SAR,” katanya, Minggu 26 Maret 2022.

Baca Juga: Diduga Mengantuk, Truk Tabrak Rumah hingga Timpa Mobil di Gunungkidul

Menerima laporan tersebut, Tim SAR bersama instansi terkait menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Tim SAR Gabungan melaksanakan evakuasi menggunakan peralatan vertical rescue ke dalam Gua Braholo dengan kedalaman 37 meter.

Pada puku 16.30 WIB korban ditemukan didasar gua berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan dari dalam gua dengan kondisi meninggal dunia. “Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Wonosari,” ungkapnya.

Pada pukul 17.30 WIB Operasi SAR Gabungan dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur kembali ke satuan masing-masing. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *