Kronologi Klitih Bumijo Yogyakarta, Polisi Tangkap 15 Pelaku

  • Whatsapp
klitih jogja
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan dalam konferensi pers ungkap kasus kejahatan jalanan atau klitih yang terjadi di Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta. (Foto: Polda DIY)

BacaJogja – Polisi berhasil menangkap 15 orang yang diduga melakukan kejahatan jalanan atau yang biasa disebut klitih yang terjadi di di Jalan Tentara Rakyat Mataram, Bumijo, Jetis, Yogyakarta. Dari 15 orang ini, sembilan di antaranya masih di bawah umur.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, memaparkan pengungkapan, kasus pengeroyokan ini terjadi pada Jumat, 24 Maret 2023 subuh. Kronologi kejadian bermula dari saat rombongan korban hendak melakukan perang sarung di daerah Demak Ijo.

Read More

Baca Juga: Klitih Beraksi di Yogyakarta, Korban Luka Parah di RSUP Sardjito

Sebelumnya mereka berkumpul di Nitikan. Setelah berkumpul, Jumat, 24 Maret 2023, mereka lantas berkeliling melewati rute Nitikan, Lowanu, Alun-alun Utara dan Serangan. Namun saat melintas di Jalan Hos Cokroaminoto, mereka bertemu dengan kelompok lain.

“Saat berpapasan itu, kedua kelompok pelaku dan korban saling mengumpat,” kata Irjen Suwondo dalam konferensi pers yang digelar di Mapolresta Yogyakarta, Minggu 26 Maret 2023.

Baca Juga: Klitih Mabuk Berulah di Sleman, Berujung Kecelakaan Tunggal

Hadir dalam konferensi pers Dirreskrimum Polda DIY, Kapolresta Yogyakarta, KPAI DIY, Bapas Yogyakarta. Sejumlah pelaku turut dihadirkan dalam acara yang digelar pukul 18.00 WIB ini.

Menurut Kapolda, kelompok korban dikejar oleh rombongan pelaku hingga wilayah Godean, hingga Jalan Wates. Sesampai di depan Salon Rias Pengantin Talita Ayu, tepatnya Jalan Tentara Rakyat Mataram hingga akhirnya korban tertangkap.

Baca Juga: Penampakan Pelaku Klitih Titik Nol Yogyakarta dan Perannya saat Penganiayaan

Korban NH, 15 tahun, warga Rotowijayan, Kraton, dilempar batu oleh rombongan pelaku. Akibatnya, NH terkena lemparan sehingga motor yang dikendarai oleng hingga terjatuh.

“Mengetahui korban terjatuh, rombongan pelaku langsung melakukan penganiayaan. Kami berterima kasih kepada warga yang berbuat cepat saat melihat peristiwa tersebut dan langsung membawa korban ke RSUP Dr. Sardjito,” jelas Kapolda.

Kapolda juga berterima kasih kepada masyarakat yang sudah berperan dalam mengamankan para pelaku kejahatan jalanan ini. Para pelaku yang semuanya berjumlah 15 orang ini, 9 orang pelaku di bawah umur, dan 6 pelaku dewasa ini ditangkap pada hari yang sama dengan hari kejadian. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *