Javanese Diaspora Network, Gelar Event Ngumpulke Balung Pisah

  • Whatsapp
Javanese Diaspora Event
Event Javanese Diaspora Event (JDE) V Ngumpulke Balung Pisah. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Javanese Diaspora Network, yang merupakan perkumpulan orang-orang Jawa yang tinggal di seluruh dunia, akan kembali mengadakan event Javanese Diaspora Event (JDE) V. Tema yang diusung yakni Ngumpulke Balung Pisah.

Acara digelar selama sepekan, mulai pada 12-18 Juni mendatang. Event bertajuk Napak Tilas Leluhur Jawa ini akan berlangsung roadtrip dari Magelang-Yogyakarta-Surakarta-Ponorogo-Mojokerto-Surabaya.

Read More

Baca Juga: Baca Tulis Aksara Jawa dengan Cara Ngapak Tak Lagi Jadi Momok Siswa di Sekolah

“Dalam sesi kegiatan di Yogyakarta, salah satunya para Diaspora Jawa akan berdialog dan makan malam bersama Sultan Hamengku Buwono X,” kata narahubung JDE-V Meta Sukma, Rabu, 7 Juni 2023.

Selama 12-18 Juni 2023, acara diisi dengan serangkaian kegiatan. Antara lain Senin, 12 Juni 2023 screening Film “Sugeh” film Malaysia berbahasa Jawa.

Baca Juga: Harapan Sri Sultan HB X dari Kongres Bahasa Jawa

Selasa, 13 Juni 2023 menyaksikan sunrise di Borobudur. Rabu, 14 Juni 2023 pengumuman penghargaan Javanese Diaspora Award 2023 dan dialog dnegan Sultan HB X.

Kamis, 15 Juni 2023 mengunjungi Kasanunan Surakarta Hadiningrat, penyerahaan peranagkat Reog ke Suriname, New Caledonia dan Malaysia di Pendopo Bupati Ponorogo, Jawa Timur. Jumat, 16 Juni 2023 menuju Gontor, Tegalsari, IAIN, Trowulan, Surabaya.

Baca Juga: Keren, Aplikasi Salin Saja Mampu Menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Aksara Jawa

Sabtu, 17 Juni 2022 Suramadu di Madura dan city tour dan memberikan bantuanke panti asuhan. Minggu 18 Juni 2023 Demo masak para Diaspora di Surabaya. []

Related posts