Bregada hingga Ogoh-ogoh Ikut Kirab Budaya Hari Jadi ke-75 Donoharjo Sleman

  • Whatsapp
kirab budaya sleman
Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Donoharjo, Ngaglik ke-75 berlangsung meriah pada Minggu, 16 Juli 2023. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Donoharjo, Ngaglik ke-75 berlangsung meriah pada Minggu, 16 Juli 2023. Kirab dimulai dari Balai Padukuhan Bakalan dan titik finis di Kantor Kalurahan Donoharjo.

Kirab budaya dimeriahkan dengan bregada berbagai gunungan, ogoh-ogoh, dan parade gerobak sapi yang merupakan salah satu warisan budaya Takbenda Indonesia dari Provinsi DIY dan Sleman.

Read More

Baca Juga: Semarak Kirab dan Gelar Potensi Budaya Hari Jadi ke-75 Donokerto Turi Sleman

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melepas kirab budaya ini. Dia mengapresiasi pelaksanaan kirab budaya sebagai upaya pelestarian budaya di Kabupaten Sleman.

Ia juga mendukung kegiatan masyarakat yang menciptakan guyub rukun dan gotong royong melalui budaya. “Kirab budaya ini juga sebagai bentuk perwujudan rasa syukur, guyub rukun, dan gotong royong masyarakat Kalurahan Donoharjo,” katanya.

kirab budyta donohatjo
Bregada hingga Ogoh-ogoh Memeriahkan Kirab Budaya Hari Jadi ke-75 Donoharjo Sleman pada Minggu, 16 Juli 2023 (Foto: Pemkab Sleman)

Lebih lanjut, Bupati Sleman juga mengingatkan dan mengajak kepada generasi muda Kabupaten Sleman khususnya Donoharjo untuk terlibat serta berperan aktif dalam pelestarian budaya. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu mempunyai rasa memiliki atau handarbeni terhadap kekayaan budaya yang kita punya.

Baca Juga: Rangkaian Acara dan Rute Kirab Budaya Bedhol Projo Sidoarum Godean Sleman

Sementara itu, Lurah Donoharjo, Hadi Rintoko menyampaikan bahwa kirab ini ini adalah puncak dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kalurahan Donoharjo ke-75. Kegiatan ini melibatkan seluruh warga dari 16 Padukuhan se-Donoharjo untuk berpartisipasi dalam kirab budaya dengan rute Balai Padukuhan Bakalan menuju Kantor Kalurahan Donoharjo.

“Kirab Budaya Bedhol Projo ini adalah puncak dari rangkaian Hari Jadi Kalurahan Donoharjo ke-75, dimulai pada tanggal 23 Juni hingga 16 Juli dengan mengusung tema Berbudaya Menuju Donoharjo Sritaman Srigunung,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *