Semarak Kirab dan Gelar Potensi Budaya Hari Jadi ke-75 Donokerto Turi Sleman

  • Whatsapp
Kirab donokerto turi
Hari Jadi ke-75 Kalurahan Donokerto Turi Sleman berlangsung semarak. Ribuan orang menyaksikan kirab dan gelar potensi budaya. (Foto: Facebook)

BacaJogja – Pemerintah Kalurahan Donokerto, Kapanewon Turi menyelenggarakan Kirab dan Gelar Potensi Budaya pada Sabtu, 24 Juni 2023. Acara yang berpusat di Lapangan Donokerto ini dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-75 Kalurahan Donokerto. Ribuan orang menyaksikan gelaran ini.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo hadir di lokasi menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Kirab dan Gelar Potensi Budaya Kalurahan Donokerto. Acara ini sejalan dengan tema Hari Jadi Sleman 2023, Nyawiji Murakabi Sesarengan Mbangun Sleman.

Read More

Baca Juga: Rangkaian Acara dan Rute Kirab Budaya Bedhol Projo Sidoarum Godean Sleman

Dengan semangat tersebut, Kirab dan Gelar Potensi Budaya dinilai mampu menyatukan kebersamaan untuk dalam membangun kerukunan Sleman, khususnya di Donokerto. “Harapan saya dengan kegiatan ini dapat semakin mengguyubkan masyarakat Donokerto dan sekitarnya. Dengan pelaksanaan Kirab yang meriah ini, semoga sekaligus menjadi penyemangat kita bersama untuk sesarengan mbangun Sleman,” ujarnya.

kirab budaya donokerto
Hari Jadi ke-75 Kalurahan Donokerto Turi Sleman berlangsung semarak. Ribuan orang menyaksikan kirab dan gelar potensi budaya. (Foto: Facebook)

Bupati sekaligus mengapresiasi keterlibatan generasi muda dalam acara tersebut. Sebab, hal itu dikatakan Bupati menjadi salah satu wujud pelestarian budaya. Kustini juga mengimbau, agar pelaksanaan kegiatan pelestarian budaya dapat terus digencarkan.

Baca Juga: Rekor MURI Geblek Renteng Terpanjang di Kulon Progo dan Rute Kirab Budaya

Sementara itu, Lurah Donokerto, R Waluyo Jati, menyampaikan bahwa Kirab dan Gelar Potensi Budaya dilaksanakan mulai 14-24 Juni 2023. Kegiatan diisi dengan senam bersama, jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan. Tidak ketinggalan, pameran bazar UMKM juga disuguhkan dalam perayaan Hari Jadi Donokerto.

“Sebagai upaya pelestarian budaya, kami juga telah menyelenggarakan pentas seni jathilan dan penampilan tari tradisional. Kami harap dengan peringatan Hari Jadi ke-75 ini dapat menumbuhkan perasaan handarbeni atau perasaan saling memiliki di antara warga Donokerto,” jelasnya.

Baca Juga: Kirab Budaya Padukuhan Ambarrukmo, Melestarikan Budaya Keraton Yogyakarta

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sleman dan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan puncak peringatan Hari Jadi Donokerto. “Kami berharap, agenda ini dapat kembali dilaksanakan di tahun depan dengan lebih sukses,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *