Rute Mubeng Beteng 1 Sura Keraton Yogyakarta, Rabu 19 Juli 2023

  • Whatsapp
mubeng beteng keraton jogja
Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta.(Foto: Kraton Jogja)

Baca Jogja – Keraton Yogyakarta sebagai penerus Mataram Islam setiap pergantian tahun Islam selalu menggelar tradisi. Seperti peringatan Tahun Baru 1 Sura Jimawal 1957/1 Muharam 1445 H atau tahun 2023 masehi ini.

Tradisi yang turun temurun ini bernama Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta. Tahun ini digelar pada Rabu, 19 Juli 2023 mulai pukul 19.00 WIB.

Read More

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Meniadakan Tradisi Lampah Mubeng Beteng Malam 1 Sura

Acara dimulai dari Kagungan Dalem Bangsal Ponconiti ini terbuka untuk umum.

Tradisi ini diinisiasi paguyuban Abdi Dalem dan masyarakat sebagai bentuk refleksi atau pensucian diri menuju manusia yang lebih baik pada tahun yang akan datang.

Prosesi akan diawali dengan doa bersama di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti (Kompleks Kamandungan Lor/Keben) pukul 21.00 yang dilanjutkan dengan Mubeng Beteng.

Baca Juga: Doa Bersama Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Saat Pergantian Tahun Jawa

Mohon menjaga ketertiban dan kekhusukan bagi Sahabat yang menyaksikan dan berpatisipasi dalam prosesi. Harap mengenakan busana yang sopan dan rapi, serta tidak diperkenankan mengenakan celana pendek.

Berikut Rute Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng:
Keben (Kamandhungan Lor) –> Ngabean –> Pojok Beteg Kulon –> Plengkung Gading –> Pojok Beteng Wetan –> Jalan Ibu Ruswo –> Alun-alun Utara –> Kamandhungan Lor. []

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *