KA Brantas Tabrak Truk di Semarang hingga Muncul Ledakan Api

  • Whatsapp
kecelakaan KA Brantas tabrak truk
Petugas gabungan mengevakuasi bangkai truk dari jalur rel usai ditabrak KA Brantas di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang, Selasa malam, 18 Juli 2023. (Foto: Gus Mul)

BacaJogja –  Kecelakaan di perlintasan kereta api terjadi di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Selasa malam, 18 Juli 2023. KA 112 Brantas jurusan Jakarta-Blitar menghantam truk trailer pengangkut alat berat hingga menimbulkan ledakan api.

Tabrakan antara kereta api dengan truk tanpa muatan B 9943 IG tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu namun ledakan yang muncul sempat membuat panik penumpang KA, warga sekitar maupun pengguna jalan.

Read More

Informasi yang dikumpulkan di lapangan, truk tidak menerobos palang pintu perlintasan KA. Saat pintu palang masih terbuka, truk melintas dan mogok di atas rel. Belum jelas penyebab truk berhenti namun ada dugaan ban truk tersangkut perlintasan KA. Dugaan lain mesin truk trouble.

Baca juga: Warga Meninggal Tertabrak KA Prameks di Kulon Progo

Sopir truk berusaha menginformasikan kondisi kendaraannya ke petugas jaga pos perlintasan. Hanya saja, tak lama kemudian meluncur KA Brantas dari arah Jakarta atau barat.

Tabrakan tak terelakkan, meski masinis sudah berusaha memperlambat laju KA. Sedangkan sopir dan kernet truk berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum tabrakan terjadi.

“Info awal truk tiba-tiba mogok di atas rel, driver dan kernet sudah berupaya minta tolong ke petugas palang kereta yang ada di sini namun tidak sempat karena keretanya sudah dekat sehingga terjadi kecelakaan,” tutur Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar.

Tabrakan dua alat transportasi berat tersebut menimbulkan suara menggelegar. Bahkan imbas benturan di bagian tanki BBM truk memicu terjadinya ledakan hingga terbentuk bola api cukup besar.

Truk sempat terseret beberapa meter sampai tengah jembatan rel yang membentang di atas Sungai Banjir Kanal Barat. Paskabenturan, sejumlah penumpang KA yang terlihat panik, buru-buru turun dari gerbong.

Salah satu penumpang perempuan terjatuh lantaran jarak lantai gerbong dengan tanah cukup tinggi. Akibatnya ia mengalami luka di bagian kaki.

“Korban jiwa tidak ada. Ada satu terluka penumpang luka melompat,” ujar dia.

Api yang sempat mengepung bagian loko KA Brantas berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran dalam tempo singkat. Lokasi kecelakaan kebetulan dekat dengan markas Dinas Kebakaran Kota Semarang, berjarak sekitar 50 meter.

Baca lainnya: Cara Mudah Dapat Diskon Mitra PT KAI dengan Boarding Pass Through Value

PT KAI selanjutnya mengevakuasi penumpang KA Brantas ke Stasiun Jrakah untuk diikutkan kereta selanjutnya. Jelang tengah malam, kepala truk berhasil ditarik ke tempat aman menggunakan alat berat. Lokasi kejadian pun sudah bisa dilintasi perjalanan KA, baik dari arah Jakarta maupun Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko menuturkan KA Brantas membawa 626 penumpang dengan rangkaian yang terdiri dari 3 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi dan 1 kereta pembangkit.

“Untuk kondisi masinis dan asisten masinis dalam kondisi selamat,” ujar dia.

Untuk perjalanan KA, sampai ada 9 perjalanan KA yang mengalami keterlambatan. Yakni, KA 112 Brantas sebanyak 87 menit, KA 178 Kamandaka 66 menit, KA 199F Kaligung 80 menit, KA 111 Brantas 26 menit, KA 129 Gumarang 55 menit, KA 220 Kertajaya 27 menit, KA 20F Argo Merbabu 47 menit, KA 160 Joglosemarkerto 14 menit, dan KA 58 Brawijaya 6 menit.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat adanya kejadian ini,” imbuh dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *