Kirab Budaya Tlogoadi Mlati Sleman Pererat Kerukunan Warga

  • Whatsapp
Kirab Budaya Tlogoadi
Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi yang ke-77 tahun Kalurahan Tlogoadi berlangsung meriah dan menyita perhatian masyarakat. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Kalurahan Tlogoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta merayakan Hari Jadi yang ke-77 tahun. Untuk menyeramakkannya kalurahan bersama warga menggelar kirab budaya. Acara yang digelar Minggu, 23 Juli 2023 sore berlangsung meriah.

Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Mlati-Cebongan, tempat rute kirab budaya digelar. Unjuk kreativitas pada kirab yang diikuti oleh perwakilan padukuhan di Kalurahan Tlogoadi ini berhasil menyita perhatian masyarakat setempat.

Read More

Baca Juga:

Peserta menampilkan kreasinya. Ada tari-tarian, parade bregada hingga menampilkan orang-orangan atau ogoh-ogoh yang diarak di sepanjang ruas jalan itu. Banyak warga mengabadikan momen ini.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa serta sejumlah pejabat terkait lainnya turut hadir menyaksikan kirab budaya ini.

Baca Juga:

Kustini mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kalurahan Tlogoadi bersama warga ini. Event ini dapat menjadi wadah untuk mempererat persaudaraan serta kerukunan antar masyarakat. “Selain itu, tentunya menjadi sarana untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal yang ada di Kalurahan Tlogoadi,” katanya.

Lurah Tlogoadi Sutarjo menerangkan kirab budaya ini dimaksudkan untuk menggali sekaligus menampilkan potensi kebudayaan yang ada di Kalurahan Tlogoadi. Berbagai kesenian dan kebudayaan ditampilkan pada acara tersebut, seperti tari-tarian, ogoh-ogoh, bregada dan sebagainya. “Ini juga implementasi dari keistimewaan Yogyakarta,” ujarnya.

Baca Juga:

Dia menjelaskan sejumlah kegiatan turut diadakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-77 Kalurahan Tlogoadi ini. Rangkaian kegiatan yang digelar di antaranya lomba berbagai jenis olahraga, memancing, senam sehat, dan kirab budaya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *