Pemkab, ASTRA, dan Konsultan Ekosistem Kolaborasi Penanganan Sampah di Sleman

  • Whatsapp
olah sampah sleman
Pemkab, PT ASTRA, dan Waste For Change Konsultan Ekosistem berkolaborasi dalam penanganan sampah di Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Pemkab Sleman bersama PT Astra Internasional TBK dan Waste For Change Konsultan Ekosistem melakukan optimalisasi Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse dan Recycle (TPSR) Brama Muda yang terletak di Dusun Dayakan, Kalurahan Sardonoharjo, Ngaglik.

Chief of Corporate Affairs Astra Internasional M Riza Deliansyah menyerahkan bantuan alat pemilahan dan pengolahan sampah dari kepada TPS3R Brama Muda. Penyerahan bantuan ini disaksikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, pada Kamis, 14 September 2023.

Read More

Riza Deliansyah mengatakan penyerahan bantuan alat pemilahan dan pengelolaan sampah ini sebagai bentuk kerjasama dan wujud kepedulian terhadap persoalan sampah. “Kami berupaya secara proaktif membantu memberikan solusi mengatasi persoalan sampah melalui optimalisasi TPS3R khususnya di TPS3R Brama Muda,” katanya.

Baca Juga: Ini Vonis Denda PN Yogyakarta bagi 30 Pelanggar Buang Sampah Sembarang

Pihaknya berfokus kepada penambahan alat pemilahan dan pengelolaan sampah organik dan non-organik yang diproyeksikan dapat meningkatkan proses pengelolaan sampah hingga 15 ton perhari dari sebelumnya 2,7 ton per hari.

Sedangkan dalam meningkatkan kualitas program tersebut, Riza mengatakan Astra berkolaborasi dengan Waste For Change sebagai konsultan ekosistem yang berperan dalam peningkatan kualitas dan kapasitas pengelolaan sama oleh pengelola atau oftaker.

Baca Juga: Volume Sampah di Sleman Mulai Turun 46 Ton per Hari

Kustini Sri Purnomo mengapresiasi kerja sama dan kepedulian PT Astra Internasional tbk untuk terlibat dalam membantu menyelesaikan persoalan sampah khususnya di Sleman. “Tentunya Pemerintah tidak akan bisa bergerak sendiri tanpa ada keterlibatan lain salah satunya pihak swasta,” ungkapnya.

Terlebih, Kustini menuturkan pada awal tahun 2023 persoalan sampah di sleman kian meningkat setelah ditutupnya TPA Piyungan. Pasalnya Sleman menjadi salah satu wilayah yang menyumbang sampah dengan jumlah yg besar di TPA Piyungan.

Baca Juga: Model TPS3R KUPAS Panggungharjo Bantul Menjadi Contoh Atasi Sampah di Yogyakarta

Ia menilai dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, selain penyediaan fasilitas pengolahan sampah, diperlulan juga upaya komprehensif dimulai dari kesadaran masyarakat untuk tidak nyampah hingga terbentuknya budaya masyarakat untuk zero waste.

“Kami senang sekali hari ini TPS3R Brama Muda telah mengambil langkah dalam pemilahan dan pengolahan sampah untuk meminimalisir sampah residu. Pemilahan sampah di TPS Brama Muda merupakan sebuah upaya konkret dalam mengurangi timbulan sampah,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *