Purwobinangun Pakem Sleman jadi Rintisan Kalurahan Budaya

  • Whatsapp
rintisan budaya purbobinangun
Purwobinangun Pakem Sleman menjadi rintisan Kalurahan Budaya. Pengukuhan dimeriahkan dengan gebyar budaya kesenian setempat. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Sleman, Yogyakarta menjadi rintisan kalurahan budaya. Pengukuhan digelar Minggu, 17 September 2023. Rintisan kalurahan budaya semakin memperkuat gotong royong dan persatuan seluruh masyarakat.

pengukuhan rintisan kalurahan budaya dimeriahkan dengan Gebyar Budaya Purwobinangun bertema Labuh Labet Ibu Pertiwi. Acara melibatkan puluhan kelompok kesenian.

Read More

Baca Juga: Daftar Pemenang Desa Wisata dan Homestay di Daerah Istimewa Yogyakarta 2023

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan gagasan masyarakat ini dalam upaya pelestarian budaya setempat. Dia mengapresiasi sekaligus ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang telah dilantik.

“Semangat dan antusias tinggi dari masyarakat Purwobinangun menjadi wujud keseriusan bersama dalam menguatkan dan melestarikan budaya,” katanya.

Dengan begitu tujuan keberadaan rintisan kalurahan budaya untuk memfasilitasi segala ide dalam pembinaan seni budaya diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Baca Juga: Pelaku Seni dan Budaya Bantul Deklarasi Dukung Gus Imin Presiden 2024

Bupati juga mengingatkan terkait komitmen Lurah dalam mendorong masyarakat untuk menggali potensi budaya di wilayah kalurahan. Untuk mewujudkannya, Bupati mendorong keterlibatan dan komitmen seluruh masyarakat dalam upaya ini.

“Dengan dikukuhkannya Purwobinangun sebagai rintisan kalurahan budaya akan semakin memperkuat gotong royong dan persatuan seluruh masyarakat. Tentu saja hal ini bisa diraih dengan kolaborasi dan peran serta seluruh pihak,” kata Bupati.

Kustini juga berharap semua kalurahan yang sudah menjadi rintisan kalurahan budaya dapat naik kelas menjadi kalurahan budaya. Kalurahan Purwobinangun dapat mereplikasi berbagai langkah yang telah dilakukan kalurahan berstatus kalurahan budaya.

Baca Juga: Menengok Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Seyegan Sleman

Lurah Purwobinangun, R.Heri Suasana menerangkan, pengukuhan rintisan kalurahan budaya dimeriahkan dengan Gebyar Budaya Purwobinangun. Dengan tema Labuh Labet Ibu Pertiwi, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali kebudayaan di Purwobinangun.

Hal ini juga didukung dengan semangat lebih dari 60 kelompok kesenian di Purwobinangun yang mendukung pembinaan seni budaya. “Masyarakat sudah merindukan menggelorakan seni budaya. Jajaran pamong kalurahan sangat mendukung semua kegiatan terkait pelestarian budaya. Dengan pengukuhan hari ini, semoga dapat membawa Kalurahan Purwobinangun menjadi kalurahan mandiri budaya,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *