Daftar Pemenang Desa Wisata dan Homestay di Daerah Istimewa Yogyakarta 2023

  • Whatsapp
sultan desa wisata
Sri Sultan HB X menyaksikan produk dari Desa Wisata yang dipamerkan di sela penyerahan penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2023 di Hotel Eastparc Sleman Yogyakarta, Senin, 21 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono menyerahkan Penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2023 di Hotel Eastparc Sleman Yogyakarta, Senin, 21 Agustus 2023.

Sri Sultan mengatakan, Pemda DIY berkeyakinan peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih efektif jika digerakkan mulai dari tingkat desa. Pemda DIY sejak awal telah mencoba membantu perekonomian di desa untuk merintis agar desa-desa di DIY bisa tumbuh dan berkembang.

Read More

Baca Juga: Kadisoro Aquatic Expo Dongkrak Ekonomi Desa Wisata Dewi Kaji Bantul

“Kami coba pertumbuhan ekonomi di Jogja diturunkan di tingkat kecamatan, sehingga desa punya kewajiban membuka lapangan kerja baru. Dan bagi para Lurah, kami tegaskan, kami tidak ingin mengulang kembali fakta-fakta masa lalu, di mana di desa tidak ada lapangan pekerjaan selain petani dan nelayan,” tutur Sri Sultan.

Sri Sultan mengakui, Pemda DIY sudah sejak lama membantu pengembangan desa mandiri budaya seperti Nglanggeran dan Mangunan. Namun dalam pengembangan desa mandiri, Sri Sultan berharap disertai dengan perubahan pola pikir masyarakatnya yang harus lebih kreatif, inovatif dan memiliki manajemen yang baik.

Baca Juga: Mengenal Desa Wisata Bugisan Klaten, Tempat Candi Plaosan Seusia Borobudur

Adapun pemenang Desa Wisata tingkat DIY 2023 sebagai berikut:
– Juara I diraih Desa Wisata Purwosari Kulon Progo
– Juara II Desa Wisata Bendung Gunungkidul
– Juara III Kampung Wisata Sosromenduran Kota Yogyakarta

kategori Homestay
– Juara I Homestay Sutriyanto Kulon Progo
– Juara II Homestay Eling lan Tresno Kota Yogyakarta
– Juara III Homestay Mawar Kulon Progo.

Baca Juga: Pengembangan Desa Wisata Green Kayen Sleman dengan Padat Karya Rp175 Juta

Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan Komitmen Bersama Stakeholder Pariwisata Tahun 2023 tentang Pengembangan Desa Wisata DIY Menuju Desa Wisata Berkelas Dunia untuk Yogyakarta Istimewa.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, proses penilaian untuk penghargaan desa wsiata ini sudah dimulai dari awal tahun 2023 sampai hari ini. Beberapa aspek dalam mekanisme penjurian juga menjadi tantangan tersendiri bagi tim juri. Berbagai upaya dilakukan tim juri guna memperoleh realitas yang sesungguhnya aktivitas dan kondisi desa wisata.

Baca Juga: Daftar Enam Desa Wisata Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

“Terkadang sampai harus menyamar agar mendapatkan data riil. Kami berharap apa yang terlihat ini memang benar-benar hasil pembinaan dan pendampingan dari stakeholder. Dan mekanisme penjurian juga menggunakan standar ASEAN yang telah tersertifikasi, demi mendorong desa wisata di DIY menuju desa wisata berkelas dunia,” ungkapnya.

Singgih berharap, perolehan kemenangan dari Penghargaan Lomba Desa Wisata ini bukan menjadi tujuan pengelolaan desa wisata di DIY, tpi menjadi bonus dari berbagai upaya yang telah dilakukan.

“Jadikan penghargaan ini sebagai bonus, bukan tujuan utama pengembangan desa wisata. Karena penghargaan ini merupakan apresiasi dari kami atas jerih payah memajukan desa atau kampung wisata,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *