Dorong Perkembangan Karya Anak Negeri, Dompet Dhuafa Yogyakarta Gelar Batik Expo 2023

  • Whatsapp
batik expo 2023 dompet duhafa
Dompet Dhuafa Yogyakarta memggelar Batik Expo 2023 di Gunungkidul dalam rangka mendorong perkembangan batik karya anak negeri, (Foto: Dompet Dhuafa)

BacaJogja – Dompet Dhuafa Yogyakarta menggelar Batik Expo 2023 di Taman Budaya Gunungkidul (TBG), Sabtu, 7 Oktober 2023. Event ini menampilkan hasil karya anak negeri di Gunungkidul yang diikuti ratusan peserta dari sejumlah Sekolah Dasar (SD). Mereka ini telah tergabung menjadi sekolah dampingan Dompet Dhuafa.

Senior Officer Lingkungan dan Budaya Dompet Dhuafa Siti Lutifilah menyampaikan Dompet Dhuafa merupakan suatu Lembaga Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf Nasional (Laznas) milik masyarakat yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan Kaum Dhuafa. Pada pelaksanaanya Dompet Dhuafa melibatkan berbagai pihak melalui program yang unggul dalam bidang sosial kemasyarakatan, dakwah dan budaya serta pemberdayaan ekonomi, kesehatan hingga pendidikan.

Read More

Baca Juga: 1.000 Prajurit TNI Membatik Massal di Yogyakarta Pecahkan Rekor MURI

Siti Lutifilah mengatakan pada program budaya dan pendidikan, Dompet Dhuafa Yogyakarta memiliki program unggulan Sinau Budoyo Lumantar Batik (Sidomukti). Tujuannya untuk mengembangkan generasi muda dalam upaya melestarikan batik di Kabupaten Gunungkidul.

dompet dhuafa batik expo 2023
Dompet Dhuafa Yogyakarta memggelar Batik Expo 2023 di Gunungkidul dalam rangka mendorong perkembangan batik karya anak negeri, (Foto: Dompet Dhuafa)

Dia mengatakan, semua yang dipajang di tiap-tiap stand merupakan hasil karya guru dan pelajar. “Digelarnya “Batik Expo” ini bertujuan sebagai ajang apresiasi karya guru dan siswa, sekaligus memperingati Hari Batik Nasional secara produktif. Kami pun memberikan pendampingan kepada Guru latih batik dengan metode Training for Trainer,” kata Siti Lutifilah saat mengunjungi beragam stand mengatakan.

Baca Juga: Pedestrian Kotabaru Jadi Ajang Catwalk Fashion Show Batik Ecoprint Yogyakarta

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Mantara, memberikan apresiasi terhadap Dompet Dhuafa atas terlaksananya kegiatan tersebut. “Saya berharap agar program Sidomukti bisa berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Gunungkidul sehingga dapat mempertahankan predikat batik yang telah diakui oleh dunia,” katannya

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul melalui Asbani menyampakan saat ini SD di Kabupaten Gunungkidul sudah ada empat muatan lokal yang salah satunya yakni batik.

batik expo 2023
Dompet Dhuafa Yogyakarta memggelar Batik Expo 2023 di Gunungkidul dalam rangka mendorong perkembangan batik karya anak negeri, (Foto: Dompet Dhuafa)

Asbani berharap program Sidomukti tersebut dapat dikembangkan bukan hanya di ekstra namun dapat diperkuat dengan mata pelajaran maupun kurikulum, serta dapat dikembangkan pada tingkat SLTP maupun SMU. “Ketika dewasa nanti anak-anak ini bisa jadi pembatik, pengusaha batik, bos batik maupun pemerhati batik,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kwarasan, Novita Rini menyampaikan, program Sidomukti sangat membantu memajukan sekolah. “Kami laksanakan setiap hari kamis, anak-anak sangat antusias karena dapat menuangkan inspirasi mereka melalui batik,” jelas Novita.

Baca Juga: Mahasiswi UNY asal Bantul Ciptakan Batik Motif Bunga Telang

Selain dihadiri oleh ratusan peserta, sejumlah stand yang menyuguhkan hasil karya pelajar SD maupun kemitraan, tampil memeriahkn Batik Expo 2023 yang digelar oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul Agus Mantara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Asbani, Senior Officer Dompet Dhuafa bererta seluruh panitia, dan sejumlah SD di Kabupaten Gunungkidul.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam Pelayanan, Pembelaan dan Pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *