Profil Cholid Mahmud, Anggota DPD RI Dapil DIY yang Meninggal Dunia Tadi Pagi

  • Whatsapp
DPD RI Cholid Mahmud
Anggota DPD RI Dapil DIY Cholid Mahmud. (Foto; Istimewa)

BacaJogja – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil DIY Ir. H. Cholid Mahmud, ST. MT tutup usia pada Minggu, 29 Oktober 2023 pukul 03.21. Ketua Wilayah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) DIY ini meninggal dunia di RS JIH, Yogyakarta.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, Ustaz Cholid Mahmud mengalami sakit dan harus cuci darah sejak tahun 2015. Sudah hampir 10 tahun, Cholid menjalaninya dengan tegar dan sabar. “Sakit yang dialami tidak menghalangi dakwah dan ketugasan beliau sebagai anggota DPD RI,” katanya kepada awak media, Minggu, 29 Oktober 2023.

Read More

Baca Juga: Anggota MPR Cholid Mahmud: Kesadaran Konstitusi Aspek Penting Kemajuan Bangsa

Huda mengatakan, terakhir pekan lalu menemani Cholid Mahmud cuci darah di RS. “Pesan-pesan beliau seperti biasa, sangat mendalam tentang pentingnya keikhlasan dalam perjuangan. Rupanya itu pertemuan saya yang terakhir dengan ustaz. Semoga beliau khusnul khatimah, dan dipertemukan di Syurga-Nya nanti,” jelas Huda.

Informasi yang dihimpun, Cholid Mahmud lahir di Semarang, tanggal 31 Januari 1966. Anggota Komite III DPD RI ini merupakan putra KH. Zaenal Mahmud, pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Khairaat, Tengaran, Semarang.

Baca Juga: Anggota MPR dari DIY Cholid Mahmud Soroti Etika Pejabat Negara

Setamat SMA I Salatiga, Cholid Mahmud melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UGM. Kemudian menempuh S2 di kampus yang sama dengan Spesialisasi Beton dan Teknologi Pasir.

Selain dikenal sebagai seorang ustadz dan dai, keilmuan dan kepeduliannya pada saat terjadi gempa di DIY-Jateng pada 27 Mei 2006 yang lalu membawanya dikenal sebagai “pakar gempa bumi’” di Yogyakarta.

Baca Juga: Anggota DPD RI Cholid Mahmud Bahas Kasus Umrah Murah tapi Gagal Berangkat

Cholid Mahmud sejak dari mahasiswa sudah aktif dalam berbagai organisasi sebagai berikut:
1. Ketua Umum Jama’ah Shalahuddin UGM tahun 1986 – 1988;
2. Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Perwakilan DIY;
3. Wakil Ketua Yayasan Kajasha UGM;
4. Dewan Penasehat PW Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) DIY;
5. Koordinator Kaukus Parlemen Bersih DIY tahun 2006 – 2009.

Baca Juga: Cholid Mahmud: Praktik KKN dan Mafia Hukum Akibat Tidak Mengimplementasikan Pancasila

Huda mengatakan, rencananya Ustaz Cholid Mahmud dimakamkan di Salatiga pada Minggu, 29 Oktober 2023. “Pukul 13.00 WIB berangkat dari rumah duka di Sorowajan, Banguntapan, Bantul,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *