Basarnas Yogyakarta Buka Unit Siaga di Sleman untuk Mempercepat Kesiapsiagaan

  • Whatsapp
unit siaga sleman
Basarnas Yogyakarta Buka Unit Siaga di Sleman untuk Mempercepat Kesiapsiagaan. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Basarnas Yogyakarta resmi membuka Unit Siaga Basarnas Sleman di Jalan Cangkringan Km 1 Pakem. Pembukaan ini untuk meningkatkan respons time dan kesiapsiagaan.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi mengatakan Unit Siaga Basarnas Sleman per 1 Maret 2024 resmi dibuka dan diaktifkan. Lokasi Unit Siaga Sleman ini merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Basarnas Yogyakarta untuk meningkatkan response time apabila terjadi kejadian yang membutuhkan pelayanan jasa Pencarian dan Pertolongan (SAR).

Read More

Baca Juga: Basarnas Yogyakarta Siagakan 83 Personel Selama Lebaran 2022

“Unit Siaga Sleman ini bertujuan untuk membentuk kesiapsiagaan Basarnas Yogyakarta apabila terjadi kondisi darurat di sekitar Sleman, baik kecelakaan penerbangan, kecelakaan kendaraan, kondisi membahayakan manusia, maupun bencana erupsi Gunung Merapi,” katanya dalam siaran pers, Sabtu, 23 Maret 2024.

Saat ini di Unit siaga Sleman disiagakan lima rescuer ditambah dua tenaga pendukung yang dilengkapi peralatan evakuasi seperti seperti alat ekstrikasi, peralatan HART (High Angle Rescue Tehnik) yang digunakan untuk evakuasi di medan vertikal, peralatan CSR (Confind Space Rescue) untuk evakuasi di ruang terbatas seperti evakuasi di dalam sumur, maupun peralatan Water Rescue untuk evakuasi di perairan.

Baca Juga: Basarnas Yogyakarta Gelar Aksi Penanaman Mangrove di Pasir Kadilangu Kulon Progo

Selain itu di Unit Siaga Basarnas Sleman juga dilengkapi peralatan underwater/alat selam, kendaraan operasional 1 Unit Dmax Bak dan 2 Unit Motor Trail.

Ke depannya di Unit Siaga Basarnas Sleman juga akan ditempatkan 1 Unit kendaraan Hugglund untuk kesiapsiagaan dan mengantisipasi jika Gunung Merapi mengalami erupsi. “Kendaraan Hugllund memang didesain sebagai kendaraan evakuasi masyarakat dan dapat membawa logistik serta dapat digunakan di medan sulit seperti dapat melewati jalan yang diselimuti abu vulkanik yang panas akibat letusan Gunung Berapi,” katanya.

Baca Juga: Basarnas Yogyakarta Gelar Aksi Penanaman Mangrove di Pasir Kadilangu Kulon Progo

Saat pembukaan unit Siaga Sleman, diigelar tasyukuran dan buka bersama dengan mengundang beberapa instansi dan lembaga Pammat Polda DIY, BPBD DIY, BPBD Sleman, Satlinmas Rescue Istimewa Wil 7 Kaliurang, SAR DIY, Pemerintah kecamatan pakem dan warga sekitar. “Acara juga yang dihadiri Komandan SAR DIY Brotoseno, Kalaksa BPBD Sleman Bapak Makwan,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *