Basarnas Yogyakarta Siagakan 83 Personel Selama Lebaran 2022

  • Whatsapp
Basarnas Siaga
Apel siaga Basarnas Yogyakarta menghadapi Lebaran 2022. (Foto: DOk.Basarnas Yogyakarta)

BacaJogja – Presiden Joko widodo mengizinkan masyarakat melakukan mudik pada Lebaran 2022. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pun melakukan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 di seluruh Indonesia termasuk Kantor Basarnas Yogyakarta untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L. Wahyu Efendi mengatakan, pihaknya melaksanakan Siaga SAR Khusus yang dimulai dari 25 April-10 Mei 2022 dengan menyiagakan 83 personel. Basarnas Yogyakarta akan mendirikan Posko mandiri di sejumlah lokasi seperti di perempatan Pelem Gurih Gamping Sleman dan Posko Mandiri di Pantai Parangtritis.

Read More

Baca Juga: Bocah Tenggelam DAM Mrican Gajahwong Ditemukan Hanyut 5 Km di Bantul

Menurut dia, petugas siaga dengan jetsky di Pantai Indrayanti Gunungkidul, siaga di Posko Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) serta patroli mobile di jalur Jogja-Semarang. “Kami juga siaga di obyek-obyek wisata pantai selatan Yogyakarta yang saat ini menjadi destinasi wisata favorit,” kata Effendi dalam siaran pers, Selasa, 25 April 2022.

Wahyu Efendi saat membacakan sambutan Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyebutkan, pada mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga masyarakat sehingga perlu diantisipasi.

Baca Juga: Keluarga Pastikan Jenazah Adalah Anaknya yang Terseret di Pantai Glagah Kulon Progo

Dalam Rangka mendukung pelaksanaan angkutan lebaran tersebut, Basarnas akan melaksanakan siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi Kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantad Polri, BMKG, Pemda, pengelola jalan tol, RS Rujukan.

“Basarnas juga bersinergi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *