Cerita Suparmin asal Sragen, dari Tukang Tebang Tebu Bisa Naik Haji Bersama Istri

  • Whatsapp
suparmin pergi haji
Suparmin dan istri berangkat haji. (Istimewa)

BacaJogja –  Suparmin dan Sariyem, sepasang suami istri asal Sragen, Jawa Tengah ini lega. Di usianya yang senja, keduanya bisa berangkat haji. Tentu penantian panjang mereka selama puluhan tahun untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

Dikutip dari laman Kemenag, sang suami mengumpulkan rupiah sejak masih muda. Awalnya, ia bekerja sebagai tukang tebang tebu selama 5 tahun.

Read More

Penghasilannya itu tak cukup untuk makan sehari-hari. Ibaratnya untuk beli makanan berbahan ketela saja tidak cukup. “Waktu itu untuk beli gaplek (makanan dari ketela) saja sulit,” kenang Suparmin ketika ditemui di Embarkasi Solo, Rabu pagi (5/6/2024).

Baca Juga: 10 Juta Gen-Z Menganggur, Mungkinkah Indonesia Emas 2045?

Merasa hidup sulit, Suparmin berganti profesi sebagai tukang ojek. Penghasilannya pun lumayan bertambah, cukup untuk kebutuhan hidup dan biaya sekolah ketiga anaknya.

Suparmin giat bekerja. Dia mengojek siang dan malam. Suparmin optimis bisa mewujudkan cita-cita ke Tanah Suci. Sedikit demi sedikit, ia sisakan penghasilannya dan ditabung untuk daftar haji. “Sebagian penghasilan saya sisihkan untuk daftar naik haji bersama istri,” tutur Suparmin.

Dari ketelatenan menekuni pekerjaannya, Suparmin juga berhasil membeli seekor sapi untuk beternak. Seiring berjalannya waktu, sapi yang dipelihara semakin bertambah menjadi tiga ekor.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Commuter Line KRL Jogja-Solo Akhir Pekan Juni 2024

Tiga ekor dijual untuk menddaftar haji pada tahun 2012. “Waktu itu saya senang sekali, akhirnya saya bisa mewujudkan keinginan saya untuk daftar haji bersama istri,” ungkapnya.

Dengan keberkahan mendaftar haji tersebut, pintu rezeki Suparmin pun kian terbuka. Setelah daftar haji, perlahan ia bisa membeli kios di pasar. Ia bersama istri berjualan di kios tersebut dan mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Hingga pada tahun 2023, meskipun di usia yang lanjut usia, Suparmin yang berusia 75 tahun dan memiliki 11 cucu ini memiliki rezeki dan terpanggil berangkat umrah bersama istri. “Setahun sebelum jadwal berangkat haji, ndelalah saya ada rezeki, dan saya pakai untuk umrah bersama istri,” ucapnya.

Baca Juga: Rekor Terbanyak Kemenag Rekrut 110.553 Formasi Calon ASN, Ini Rinciannya

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa berangkat menjalankan ibadah haji bersama istri ke Tanah Suci,” lanjut Suparmin haru.

Kerja keras Suparmin rupanya menunjukan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Kendati harus memulai perjuangan mengais rezeki sebagai tukang ojek, tidak lantas menghentikan perjuangannya untuk berangkat ibadah haji. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *