Tapak Suci Sumbang Enam Emas dalam Asean University Games 2024

  • Whatsapp
tapak suci
Tapak Suci Putera Muhammadiyah meaih enam emas, dua perak, dan satu perunggu di ajang Asean University Games 2024. (Istiimewa)

BacaJogja – Tapak Suci Putera Muhammadiyah berjaya dalam gelaran Asean University Games 2024 dengan menyumbangkan enam emas, dua perak, dan satu perunggu. Raihan ini berarti separuh medali yang dicapai kontingen Indonesia dari pencak silat.

Total medali Indonesia berasal dari cabang ini yakni 13 medali emas, lima perak, dan enam prunggu. Tim Indonesia di Asean University Games 2024 ini keluar sebagai sebagai juara umum untuk cabang olahraga Pencak Silat.

Read More

Baca Juga: Pemkab Sleman Peringati Hari Lingkungan Hidup Nasional Se-Dunia 2024

Pelatih tim nasional pencak silat Indonesia di Asean University Games Nur Subekti mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil proses yang panjang dan dukungan banyak pihak. “Perjuangan semua atlet Tapak Suci, bersama para atlet yang lain juga harus kita apresiasi,” ujarnya, pada, Sabtu, 6 Juli 2024.

Pengurus Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan kepala Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini berharap agar olahraga pendidikan di Muhammadiyah semakin berkembang, sehingga bisa semakin terus berkontribusi.

Baca Juga: Diskusi ICMI DIY Menyoal Masalah Lahan Hutan Adat Papua, Kenapa?

“Prodi pendidikan olahraga dan yang sejenisnya di berbagai universitas Muhammadiyah, kelas khusus olahraga di sekolah Muhamamdiyah, dan berbagai perkumpulan olahraga Muhammadiyah perlu didukung,” jelasnya.

Dia juga berharap agar para juara ini juga dipertimbangkan masuk dalam monitoring atlet pelatnas Sea Games, bisa menjadi kandidat dipanggil Seleknas kejuaraan bergensi lain seperti SEA Game atau pun Kejuaraan Dunia.

Seperti diketahui, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Asean University Games. Ajang olahraga antar mahasiswa paling prestisius di Asia Tenggara ini dilaksanakan dari 25 Juni sampai 6 Juli 2024 di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Line Up Artis dan Harga Tiket Prambanan Jazz 2024

Kontingen Indonesia berhasil mencatatkan prestasi dengan resmi keluar sebagai juara umum Asean University Games. Kepastian itu didapat setelah pada Kamis (4/7), mampu mengumpulkan 100 emas, 79 perak, 53 perunggu.

Posisi Indonesia di puncak klasemen perolehan medali tak tergoyahkan, meskipun kontingen lain menambah medali namun posisi Indonesia sudah tidak mungkin dilampaui sampai penutupan di Sabtu (6/7).

Asean University Games kali ini merupakan pelaksanaan yang ke-21. Asean University Games yang digelar dua tahunan diikuti oleh para mahasiswa dari negara-negara di Asia Tenggara. Ada puluhan cabang olahraga yang dipertandingkan berjumlah dua puluh satu dengan venue yang tersebar pada sembilan lokasi di Malang dan Surabaya, salah satunya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome sebagai venue Pencak Silat. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *