Basarnas Yogyakarta Siagakan 74 Personel Khusus Lebaran 2021

  • Whatsapp
Basarnas Yogyakarta
Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan 74 personel dan alat utama yang dimiliki terhitung 6-21 Mei 2021 pada Siaga SAR Khusus Lebaran 2021. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Kantor Basarnas Yogyakarta melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran 2021 yang dimulai dari tanggal 6-21 Mei 2021. Sebanyak 74 personel dan alat utama yang dimiliki disiagakan.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi mengatakan rencana Siaga SAR Khusus Lebaran 2021 ini personel Basarnas melaksanakan patroli mobile dan dibagi menjadi beberapa regu dan beberapa rute patroli mobil. Untuk patroli mobile dengan rute Kantor Basarnas Yogyakarta-Tempel-Jalan Magelang-Bandara Adisutjipto-Prambanan-Ringroad-obyek wisata pantai di wilayah bantul.

Read More

Baca Juga:

Untuk Tim Pos Basarnas Gunungkidul akan patroli mobile dengan rute Wonosari-Piyungan-Prambanan-Pantai Sadeng-Wediombo-Indrayanti dan pantai Baron. Sedangkan untuk Unit Siaga Kulon Progo akan melaksanakan patroli mobile dengan rute jalur Wates-Purworejo-Bandara YIA serta obyek wisata pantai yang berada di wilayah Kulon Progo.

“Pantai selatan DIY juga banyak palung yang bisa mengakibatkan wisatawan terseret ombak jika tidak hati-hati” 

Selain melaksanakan patroli mobile, Basarnas juga akan stanby sejumlah personel dengan alut jetsky, beach patrol di pantai Wediombo pada H-2 dan H+2. “Tim Jetsky yang standby di pantai Wediombo nantinya berpatroli dari jalur laut ke beberapa obyek wisata di Gunungkidul bersama-sama dengan Sar Linmas wilayah 1 Sadeng,” katanya, Kamis, 6 Mei 2021.

Wahyu mengatakan, meskipun dari pemerintah ada larangan mudik untuk masyarakat, namun tetap melaksanakan Siaga SAR Khusus. Basarnas akan berkordinasi dengan TNI/Polri, potensi SAR lainnya di wilayah DIY.

Baca Juga:

Dia mengimbau masyarakat tetap mengikuti kebijakan tidak mudik yang dikeluarkan pemerintah. Jika masyarakat berkunjung ke obyek wisata pantai diharapkan tetap mentaati imbauan petugas di lapangan.

Wisata diminta tidak bermain di laut mengingat Pantai selatan DIY ini ombaknya sangat tinggi. “Pantai selatan DIY juga banyak palung yang bisa mengakibatkan wisatawan terseret ombak jika tidak hati-hati,” kata Wahyu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *