Vaksinasi Ribuan Penyandang Disabilitas dan Pendamping Digelar di Bantul

  • Whatsapp
vaksin disabilitas bantul
Ketua Tim Penggerak PKK DIY GKBRAy Paku Alam X (paling kiri) berfoto bersama usai vaksinasi penyandang disabilitas di Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Sebanyak 1.168 penyandang disabilitas dan pendamping menjalani vaksinasi Covid-19 selama dua hari, Sabtu-Minggu, 28 – 29 Agustus 2021. Vaksinasi ini digelar di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta di Dusun Piring, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, sebanyak 1.168 penyandang disabilitas dan pendamping akan divaksinasi jenis Sinovac. “Untuk kegiatan vaksinasi hari pertama ini sebanyak 658 orang, besok sebanyak 500-an orang,” katanya, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Read More

Baca Juga: Vaksinasi Presisi Merdeka, Polda DIY Sasar Penyandang Disabilitas

Dia mengatakan, penyandang disabilitas termasuk dalam kelompok rentan. Harapannya seluruh penyandang disabilitas di Bantul ini divaksinasi. “Selain untuk memepercepat terwujudnya herd immunity, kalangan difabel agar lebih nyaman dan percaya diri karena sudah divaksin,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Paku Alam X mengatakan, vaksinasi untuk disabilitas dengan vaksin Sinovac ini merupakan pertama di DIY. Untuk penyandang disabilitas di Dinas Sosial DIY menerima 11.000 Vaksin Sinovac.

Baca Juga: Viral Polisi Antar Jemput Kaum Disabilitas Bantu Ambil Bansos Beras di Sleman

Vaksin ini sebelumnya direncanakan untuk calon jamaah haji, karena tidak ada pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini maka vaksin dialihkan untuk penyandang disabilitas dan keluarganya. “Jumlah 11.000 vaksin itu tentunya kurang, saya mengharapkan nantinya penyandang disabilitas dan pendampingnya diberikan vaksin yang lain,” katanya dalam sambutan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh Halim mengatakan, vaksinasi bagi penyandang disabilitas merupakan awal mengkampanyekan vaksin aman bagi disabilitas. Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Bantul menciptakan kekebalan tubuh masyarakat tak terkecuali bagi penyandang disabilitas yang termasuk rentan terpapar Covid-19.

Baca Juga: Yogyakarta Target 100 Persen pada Oktober 2021, Saatnya Sasar RT/RW

“Saya berharap, setelah vaksinasi massal ini, nanti para disabilitas yang belum mendapatkan vaksin segera merapat ke Puskesmas terdekat,” ucapnya.

Vaksinasi ini kerja sama PKK dengan BRTPD Dinas Sosial DIY, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI/Polri, serta didukung Bank BPD DIY dan PDAM Bantul. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *