Pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sariharjo Imogiri Bantul

  • Whatsapp
Agroforestry Bantul
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X hadir pada Alas Pengkol Sariharjo Imogiri Bantul sebagai Agroforestry. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Daerah Istimewa Yogyakarta mencanangkan agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Agroforestry di laham milik DLHK DIY ini menemapti lahan seluas 7,5 hektare.

Kepala DLHK DIY Kuncoro Aji mengatakan, kawasan Alas Pengkol ini dicanangkan sebagai hutan Tematik Agroforestry yang nantinya akan dikerjasamakan dengan pemerintah setempat. “Nantinya melibatkan secara penuh warga yang ada di Kalurahan Sriharjo khususnya Dusun Pengkol dan warga disekitarnya,” katanya pada acara Penanaman Agroforestry di Alas Pengkol pada Kamis, 2 September 2021.

Read More

Baca Juga: Sri Sultan HB X dan Upaya Mewujudkan Filosofi Hamemayu Hayuning Bawana

Menurut dia, secara simbolis nanti akan ditanam lima pohon dahulu. Selebihnya kita tanam 350 batang menunggu musim penghujan tiba. “Pohon yang ditanam antara lain mangga, alpukat, gayam dan lainnya,” katanya.

Pada acara ini juga digelat vaksinasi dengan mentargetkan 500 orang. Peserta vaksinasi dari warga penyangga kawasan Agroforestry.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya mewakil Gubernur DIY mengajak warga untuk selalu menaati protokol kesehatan. Vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Momentum Mewujudkan Kembali Yogyakarta sebagai Kota Sepeda

Dia mengungkapkan, setelah divaksin, warga tetap harus melaksanakan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas dan interaksi.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengapresiasi dan terima kasih kepada jajaran Pemda DIY atas dipilihnya Sriharjo untuk pencanangan Hutan Agroforestry. “Semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Alas Pengkol Sriharjo,” kata Bupati. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *