Pemkot Yogyakarta Bentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 Kalurahan

  • Whatsapp
relawan kebakaran
Tim pemadam kebakaran Kota Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 Kalurahan yang ada di ibu kota Provinsi DIY ini. Langkah ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakata, Octo Noor Arafat mengatakan satuan relawan tersebut akan dibentuk di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta. “Tugasnya semacam membuat mitigasi bencana kebakaran yang ada di wilayah, sesuai dengan kondisi dari masing-masing wilayah,” katanya, Rabu, 29 September 2021.

Read More

Baca Juga: Kebakaran Melanda Balai RW 18 Brontokusuman Mergangsan Kota Yogyakarta

Dia mengatakan, satuan relawan kebakaran ini juga akan dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pemadaman awal apabila terjadi bencana kebakaran supaya kebakaran tidak semakin meluas. “Penanganan kebakaran menjadi tanggung jawab bersama, sehingga penanganan sejak dini sangat diperlukan,” ungkapnya.

Menurut dia, saat ada kejadian kebakaran di wilayahnya, para relawan dapat melakukan penanganan awal dan pengkondisian lingkungan. Namun apabila kebakaran dirasa mulai membesar dan sulit ditangani, satuan relawan kebakaran harus segera melapor ke Dinas Kebakaran dan Peneyelamatan. “Tujuannya agar waktu respons petugas bisa semakin cepat dan kebakaran bisa ditangani lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Kebakaran Ruko di Bantul, Empat Motor dan Delapan Kulkas Ikut Terbakar

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung, seperti di Ngadiwinatan dan Kampung Purwodiningratan, Kemantren Ngampilan. Tujuannya adalah memberdayakan masyarakat dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran. (Pemkot Yogyakarta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *