30 Warga Sumbermulyo Bantul Tak Lolos Skrining Vaksinasi Moderna

  • Whatsapp
vaksinasi moderna bantul
Suasana vaksinasi Covid-19 jenis Moderna di Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. (Foto: Angela Merici Meilisa Artyas Prabowo)

Bantul – Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Yogyakarta menggelar vaksin kedua bagi warga setempat. Vaksinasi dengan jenis Moderna ini digelar bersama Puskesmas Bambanglipuro, pada Senin, 4 Oktober 2021.

Pemerintah Desa Sumbermulyo melaksanakan vaksinasi massal tujuan utama vaksinasi yakni menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity. Dalam pelaksanaannya dibantu oleh tim medis Puskesmas Bambanglipuro, Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Bambanglipuro, Tim Satgas Covid-19 Desa, Bhabinsa, Babinkamtibmas, BSM dan Linmas Desa Sumbermulyo.

Read More

Baca Juga: MWC NU Pundong Bantul Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk 500 Jamaah

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pertama digelar pada 3 September 2021. Vaksinasi kedua 4 Oktober 2021 untuk warga usia 18 tahun ke atas dan lanjut usia.

Warga tampak antusias mengikuti vaksinasi ini. Tidak hanya warga Sumbermulyo, namun ada juga yang bukan warga asli yang mengikuti vaksin. Namun yang tetap diutamakan adalah warga desa Sumbermulyo terlebih lagi yang sudah sepuh atau lanjut usia.

Dari 150 orang yang terdaftar, sebanyak 120 orang telah divaksin dan 30 orang lainnya ditunda tidak lolos skrining. Alasannya karena hipertensi, mempunyai riwayat penyakit bawaan, dan alasan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Objek Wisata Embung Kaliaji Wonokerto Turi Sleman

Menurut Lina, warga setempat, vaksin dosis dua ini tidak begitu banyak mengeluarkan efek samping dibandingkan dengan vaksin dosis satu pada bulan lalu. “Selain kaku dan kebas pada lengan,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Sumbermulyo Ani Widayati berharap dengan diadakannya vaksinasi massal ini dapat segera memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bambanglipuro. Namun dia juga berharap meski sudah mendapat vaksin, harus tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker saat bepergian keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan, menjaga imunitas tubuh.

Artikel kiriman Angela Merici Meilisa Artyas Prabowo, Mahasiswa Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *