Pameran Yogyakarta Komik Weeks 2021, Wujud Kreasi Adaptasi

  • Whatsapp
Yogyakarta komik weeks
Pengunjung yang sedang melihat karya karya komik, Minggu 10 Oktober 2021. (Foto: Dianne Erlinawati)

Yogyakarta – Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Mulyakarya Seniman Kolektif menggelar pameran Yogyakarta Komik Weeks yang digelar di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo yang berlokasi di Jalan Pangurakan Nomor 6 Yogyakarta. Pameran yang berlangsung 8-17 Oktober 2021 ini terbuka untuk umum.

Pameran yang didanai dengan Dana Keistimewaan (Danais) ini mengusung Tema ‘Kreasi Adaptasi’. Pameran menyediakan tiga sesi per harinya. Sesi pertama pukul 10.00-12.00 WIB, sesi kedua pukul 13.00-15.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 15.00-17.00 WIB.

Read More

Baca Juga: 2014: Prespektif, Wujud Masa Bakti Keluarga Murni 2014 ISI Yogyakarta

Ketua Panitia Pameran Yoyakarta Komik Weeks 2021, Yudha Sandy mengatakan, acara ini memperlihatkan bahwa meski masih dalam kondisi pandemi seperti ini, namun setiap seniman komik tetap bisa terus berkreasi sebagai suatu bentuk adaptasi.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Dian Lakshmi Pratiwi berharap ke depan komunitas komik dan pecinta komik bisa menerima tantangan lebih besar lagi. Harapannya acara komik lebih cair ke depannya.

komik weeks
Pengunjung yang sedang melihat karya karya komik, Minggu 10 Oktober 2021. (Foto: Dianne Erlinawati)

Pewarisan sekarang adalah generasi milenial yang berbicara dengan bahasa melalui komik. “Sehingga kami harapkan ke depannya Komik Week akan lebih beragam, akan lebih meriah secara substansi lebih kaya dan tidak hanya Komik Week saja,” katanya dalam sambutan.

Baca Juga: Perayaan 32 Tahun Bertakhta dan Ultah ke-75 Sri Sultan HB X

Dari 126 komik yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK sederajat se-DIY dalam Lomba Komik Kukuruyug#7 hanya dipilih 30 komik yang karyanya akan dipamerkan di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo bersama 30 Seniman komik undangan.

Yogyakarta Komik Week 2021 menghadirkan berbagai agenda pendamping yaitu pembacaan komik (10 Oktober 2021), seminar (12 Oktober 2021), performance (9-14 Oktober 2021), ko bincang komik (9-13 Oktober 2021), drama komikal (15 Oktober 2021), dan akustikomik (16 Oktober 2021).

Baca Juga: Referensi Penggemar Fotografi Berkarya di Tengah Pagebluk

Bisa disaksikan melalui channel YouTube Taste Of Jogja Dishub DIY dan IG @komikweeks. Bagi pengunjung yang ingin datang ke pameran tersebut harus registrasi online terlebih dahulu, link sudah tersedia di bio Instagram komikweeks dan kuota persesi hanya 20 orang bergantian di dalam ruangan.

Saat pameran komik berlangsung, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat. Sebelum memasuki ruangnya juga harus mengecek suhu badan terlebih dahulu, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer dan menjaga jarak saat dalam ruangan. []

Artikel kiriman Dianne Erlinawati, Mahasiswa Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *