Rayakan Ulang Tahun dan Sumpah Pemuda, Komunitas Buntut Wedhos Bantul Berbagi Sembako

  • Whatsapp
buntut wedhos
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih hadir dalam bakti sosial Komunitas Buntut Wedhos di Pasar Dlingo. (Foto: Istimewa)

Bantul – Komunitas Buntut Wedhos Dlingo Bantul merayakan ulang tahunnya yang kedua. Komunitas para pedagang kambing ini merayakannya dengan berbagi ke sesama di Pasar Dlingo. Kebetulan momentumnya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021.

Uniknya mereka mengantarkan sembako ini menggunakan kronjot atau obrok semacam keranjang yang dipasang di motor. Kronjot ini yang biasa mereka pakai untuk berjualan kambing pada hari itu diisi sembako untuk dibagikan. Sembako tersebut didistribusikan kepada 150 penerima se-Kapanewon Dlingo.

Read More

Baca Juga: Vaksinasi dan Paket Sembako Serba 1.000 di Srigading Sanden Bantul

Koordinator bakti sosial, Wahyu mengatakan donasi diberikan bertepatan dengan ulang tahun Komunitas Buntut Wedhos yang kedua. Komunitas Buntut Wedhos beranggotakan 30 orang. Mereka menyisihkan uang hasil berjualan tiap minggunnya untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Menurut dia, secara rutin donasi dilakukan tiap bulan dengan menyasar anak atau janda miskin yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Selain itu, bantuan juga diberikan setahun sekali dengan jumlah yang lebih besar. “Tiap bulan donasi hanya sekitar orang penerima, pas ulang tahun ini bisa 150 penerima,” ungkapnya.

Baca Juga: PCNU Bantul Salurkan 4.500 Paket Sembako untuk Difabel dan ODGJ

Anggota komunitas, Walidi mengaku berdagang kambing sudah bertahun-tahun. Membeli kambing dari petani atau warga kemudian dijual ke pasar. Dari keuntungan yang diperoleh disisihkan untuk berbagi.

“Donasi tidak sekedar bentuk kepedulian pedagang kambing kepada warga miskin, namun juga sebagai wujud syukur atas rezeki yang didapatkan,” ungkapnya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang hadir dalam aksi berbagi tersebut mengapresiasi Komunitas Buntut Wedhus yang sudah bersama pemerintah membantu warga yang kurang mampu. Dia berharap apa yang dilakukan Komunitas Buntut Wedhos ini berjalan konsisten dan tidak berhenti. “Karena kemiskinan di Bantul tidak dapat diselesaikan sendiri oleh Pemerintah tanpa kerja bersama dengan masyarakat,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *