BMKG Memperkirakan Hujan Lebat Mengguyur Enam Kapanewon di Kulon Progo

  • Whatsapp
ilustrasi hujan lebat
ilustrasi hujan lebat. (Foto: Pixabay)

Yogyakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta merilis prakiraan cuaca berbasis dampak hujan di wilayah DIY, Senin, 27 Desember 2021.

Berdasarkan perkiraaan, hujan lebat akan terjadi di enam kapanewon di Kabupaten Kulon Progo. Keenam kapanewon tersebut yakni Samigaluh, Girimulyo, Pengasih, Kokap, Nanggulan dan Kalibawang.

Read More

Baca Juga: Penjelasan BMKG Yogyakarta soal Hujan Es di Prambanan dan Tempel Sleman

Dampak yang ditimbulkan meliputi jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang, gangguan skala kecil dan jangka pendek pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas, gangguan skala kecil dan jangka pendek pada operasional sekolah dan rumah sakit.

Mengingat potensi hujan di Kulon Progo pada wilayah perbukitan Menoreh, dampak yang ditimbulkan bisa berupa longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil.

Baca Juga: Yogyakarta Sudah Musim Hujan, BMKG Keluarkan Imbauan Antisipasi La Nina

BMKG mengimbau warga tetap tenang, waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah. Saling berbagi/bertukar informasi, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial serta mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

Informasi ini dirilis 27 Desember 2021 Pukul 06.50 WIB. (sumber: Forecaster on Duty BMKG DIY Stasiun Klimatologi Yogyakarta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *