Empat Lokasi Padusan Asyik Sambut Ramadan di Yogyakarta

  • Whatsapp
bule laggon jogja
Wisata alam Bule Laggon di Sleman. (Foto: Facebook/Wildan Hakim)

Yogyakarta – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Biasanya, masyarakat punya tradisi menyambut datangnya bulan suci ini. Bagi Warga Jawa Tengah dan Yogyakarta, salah satu tradisi itu yakni padusan. Tradisi turun temurun ini dilakukan dengan cara berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air lainnya.

Padusan berasal dari bahasa Jawa adus yang berarti mandi. Makna padusan bagi masyarakat Jawa adalah menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga dalam menyambut datangnya bulan suci. Tujuannya agar saat Ramadan datang, umat Islam dapat menjalani ibadah dalam kondisi suci lahir maupun batin.

Read More

Baca Juga: Cocok Budjet Minim, Satu TPR Bisa Menikmati 8 Pantai Keren di Gunungkidul Yogyakarta

Lantas di mana tempat ideal untuk padusan? Di Yogyakarta ada banyak tempat untuk menjalani tradisi sehari sebelum Ramadan ini. Berikut empat rekomendasi tempat padusan di Jogja yang seru, baik bersama teman maupun keluarga:

1. Pantai Baron
Lokasinya: Objek wisata pantai ini berada di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Dua bukit yang membatasi Pantai Baron membuat ombak menjadi tenang, sehingga cocok untuk lokasi padusan.

pantai baron
Pantai Baron di Gunungkidul. (Foto: Jogjakita)

Baca Juga: Mbulak Wilkel Bantul, Destinasi Wisata Asyik di Kaki Perbukitan Seribu

2. Blue Lagoon
Lokasi: Padukuhan Dalem, Kalurahan Widodomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman
Blue Lagoon yang dikenal sebagai kolam alami dengan warna biru eksotis. Tempat wisata ini salah satu sungai alami yang di sekelilingnya terdapat pepohonan bambu yang asri dan menampakkan warna permukaan air kebiruan. Tempatnya yang asri dikombinasikan dengan airnya yang segar sudah pasti bikin Anda betah berendam di sini.

3. Jogja Bay
Lokasi: Jogja Bay Waterpark atau Jogja Bay adalah salah satu taman wisata air atau waterpark terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Jalan Utara Stadion, Jenengan, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. Jogja Bay menawarkan banyak wahana yang mengasyikkan, tempat ini cocok untuk padusan bersama keluarga.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

Menyambut Ramadan ini, Jogja Bay pun menggelar tradisi Padusan. Kegiatan ini digelar sejak 28 Maret hingga 1 April 2022 mendatang. Rangkaian kegiatan dimeriahkan dengan Pentas Seni Jathilan, Pertunjukkan Angklung, dan Bubble Foam Party. Ratusan pengunjung ikut memeriahkan tradisi tersebut.

Air terjun sri gethuk
Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul. (Foto: Facebook/Jogjaku)

4. Air Terjun Sri Gethuk
Lokasi: Air Terjun Sri Gethuk merupakan objek wisata alam yang terletak di Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit.

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Jika Anda berjiwa petualangan, air terjun Sri Gethuk bisa menjadi pilihanmu. Mau susur sungai, tracking atau sekedar berenang, semuanya bisa ditemui dan lakukan di Sri Gethuk.

Empat lokasi padusan di atas rekomendasi dari JogjaKita. Anda sudah punya rencana, atau punya pilihan sendiri mau padusan kemana? Semua terserah Anda. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *