Mbulak Wilkel Bantul, Destinasi Wisata Asyik di Kaki Perbukitan Seribu

  • Whatsapp
Destinasi wisata Mbulak Wilkel di Kapanewon Pleret, Bantul. (Foto: Istimewa)

Bantul – Hadir destinasi wisata baru di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Namanya Mbulak Wilkel yang berada di Padukuhan Tambalan Gerjen, Kapanewon Pleret, Bantul. Tentu para pegowes sering melewati rute ini.

Nama Mbulak merupakan kosakata dari Bahasa Jawa, yang artinya ruas jalan yang diapit hamparan persawahan yang luas. Di kanan kiri ruas jalan tumbuh berderet pohon. Begitu juga Mbulak Wilkel ini, kanan kirinya sawah dan di pinggir jalan tumbuh pepohonan rindang.

Read More

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

Wilkel merupakan singkatan dari wilayah kelompok karena memang dikelola oleh 24 pengelola. Lalu apa menariknya? Dulu sebelum menjadi destinasi wisata, banyak warga yang melewati ruas jalan ini dari perjalanan jauh, biasanya berteduh di sana. Atau ke sana hanya sekedar untuk menikmati keteduhan sambil memandangi anggun perbukitan Seribu.

mbulak wilkel pleret
Destinasi wisata Mbulak Wilkel di Kapanewon Pleret, Bantul. (Foto: Istimewa)

Dulu dari pagi sampai sore banyak orang datang meski hanya sekedar berteduh. Lalu warga berinisiatif menjadikan tempat ini sebagi tempat wisata.

Mbulak Wilkel ini dulunya hanyalah deretan persawahan yang kerap dijadikan tempat berteduh di bawah pohon-pohon. Oleh pemuda setempat kemudian pinggiran jalan dekat sawah tersebut disulap jadi tempat wisata.

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Sepanjang jalan yang membentang dengan kanan kiri pepohonan yang rimbun, kini dibangunnya tempat duduk di pinggiran jalan dan tengah sawah. Juga beberapa gubug-gubug unik nan artistik, serta kuliner yang lengkap dengan harga terjangkau. Kini lokasi ini menjadi spot foto yang menarik.

Destinasi yang baru beroperasi pada Mei 2021 ini berhasil menarik perhatian banyak pengunjung dengan pemandangan dan panorama sawahnya yang menyejukkan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *