Panembahan Kraton Yogakarta Dicanangkan sebagai Kampung Pancasila

  • Whatsapp
kampung pancasila jogja
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat pencanangan Kampung Pancasila di Langenastran, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta – Kalurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Harapannya aktualisasi nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol. Inf. Arif Harianto mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila dilakukan sebagai respons atas rasa prihatin dan menurunnya pemahaman Pancasila di masyarakat. Bahkan ada generasi muda yang sudah tidak hafal Pancasila.

Read More

Baca Juga: Padukuhan di Bambanglipuro Bantul Dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila

Kondisi tersebut sangat memprihatinkan sehingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurahman berinisiatif mengembangkan program kegiatan Kampung Pancasila dengan mengintruksikan jajarannya agar membentuk Kampung Pancasila.

“Pencanangan Kampung Pancasila tidak hanya berhenti pada pencanangan semata namun bagaimana geliat kegiatannya bisa senantiasa menginspirasi warga dalam mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Arif saat pencanangan Kampung Pancasila di Jalan Langenastran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Kamis, 7 April 2022.

Baca Juga: Panglima Gepako Gandung Pardiman Tolak Anak PKI Bisa Daftar TNI

Dia mengatakan, saat ini telah dicanangkan Kampung Pancasila di setiap Kemantren di Kota Yogyakarta. Harapannya dapat berkembang ke kampung lainnya sehingga semua kampung di Kota Yogyakarta menjadi Kampung Pancasila.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, salah satu hal yang sering muncul di masyarakat adalah sikap adil. Ada masyarakat yang masih menganggap bahwa adil adalah sama rata. Padahal adil adalah upaya menempatkan sesuatu yang sesuai dengan tempatnya. “Banyak sedikit, lebih kurang dalam pemberian sesuatu dilakukan secara proporsional bukannya bagi rata,” katanya.

Baca Juga: Sah, Yogyakarta Punya Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Haryadi berharap agar dalam kampung Pancasila tercipta suasana kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera dapat terwujud melalui semangat dalam membangun negeri. “Tidak ada konflik yang berkaitan dengan keadilan sosial. Semuanya adem ayem tentrem. Guyup rukun gayeng, semua bersemangat membangun negeri,” ujarnya.

Ketua Kampung Langenastran Sunu Raharjo mengatakan, Kampung Langenastran dulu merupakan tempat tinggal prajurit Langenastro yang merupakan satuan kawal putra mahkota di era Sultan Hamengku Buwono I. “Kampung Langenastran sedang giat dalam menghidupkan perekonomian warga dengan berbagai potensi yang dimilki, seperti batik, kuliner, bregada,” ujar Sunu. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *