Gerakan Ekonomi Hari Raya, Puan Maharani Minta THR dan Gaji ke-13 Dibelanjakan Produk Dalam Negeri

  • Whatsapp
pasar beringharjo
Suasana PAsar Beringharjo Yogyakarta sebelum pandemi. (Foto: Facebook/Jogja Info)

BacaJogja – Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Berbagai lapisan masyarakat muslim baik tua maupun muda, di kampung dan di kota menyambut dengan sukacita hari kemenangan.

Sektor ekonomi menggeliat. Pasar-pasar dan tempat belanja yang selama dua tahun ini sepi pengunjung karena pembatasan kegiatan masyarakat akibat dampak pandemi Covid 19, kini tampak mulai ramai dikunjungi pembeli. Aneka produsen barang hingga berbagai macam kue dan makanan meningkatkan suplainya ke pasar.

Read More

Baca Juga: Pembayaran Digital Dorong Inklusi Keuangan UMKM

Berbagai dukungan ekonomi telah digelontorkan pemerintah lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pada anggaran PEN 2022, terdapat tiga program atau kluster yang masih akan bergulir selama setahun ke depan yaitu bidang kesehatan (Rp117,9 triliun), perlindungan masyarakat (Rp154,8 triliun), dan penguatan pemulihan ekonomi (Rp141,4 triliun).

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pada pemerintah agar penyaluran THR dan Gaji ke-13 untuk ASN tepat waktu. Tujuannya agar masyarakat dapat menggunakan untuk berbelanja keperluan Lebaran.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kunjungi Balkondes PGN Karangrejo Magelang

Dengan berbagai bantuan tersebut sudah selayaknya masyarakat juga cerdas dalam menggunakan dan membelanjakan bantuannya. Agar bantuan bisa menjadi bola salju yang makin lama bergulir akan makin membesar.

Pengamat Ekonomi Rakyat, Mirah Kusumaningrum mengatakan, belanja dengan kesadaran untuk membantu bergeraknya aktivitas ekonomi bangsa sendiri dengan membeli produk produk konsumsi buatan bangsa sendiri.

Baca Juga: Kabupaten Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia

“Dengan demikian belanja konsumsi kita tidak hanya memenuhi kebutuhan kita di Hari Raya, tapi juga membantu tetangga kita, membantu sanak famili handai taulan, membantu masyarakat dan bangsa kita dan pada akhirnya juga akan membantu diri kita sendiri,” jelasnya.

Jika kesadaran berbelanja konsumsi diterapkan juga pada pola belanja online kita (E- Commerce) maka cita cita Indonesia manjadi superpower ekonomi dunia akan lebih cepat tercapai.

“Mari masyarakat bangsa Indonesia, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri ini kita kembali berbelanja Produk kita sendiri,” ajaknya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *