Jumlah Pemudik 85 Juta Orang, Ini Imbauan Kapolri Jenderal Listyo Sigit

  • Whatsapp
Kapolri Sigit
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. (Foto: Dok. Polda DIY)

BacaJogja – Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia mulai terkendali. Presiden Joko Widodo memberikan kebijakan untuk memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik dalam merayakan hari raya bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, prediksi jumlah pemudik pada tahun ini sebanyak 85 juta orang. Di mana ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan untuk mudik.  “Jumlah ini tentunya sangat besar, pengaruhnya berpotensi menimbulkan kepadatan kendaraan di jalur mudik,” katanya dalam video yang dibagikan Polda DIY, Selasa, 26 April 2022.

Read More

Baca Juga: Imbauan Puan Maharani kepada Pemerintah dan Warga Saat Arus Mudik

Menurut Jenderal Sigit, Polri beserta seluruh stakeholder terkait telah mempersiapkan pengaturan perjalanan mudik melalui penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap dan rekayasa lainnya. “Polri juga mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan moda transportasi umum lain seperti pesawat, kereta api agar dapat mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya,” jelasnya.

Kapolri mengimbau agar terhindar dari puncak arus mudik, masyarakat dapat menggunakan beberapa jalur alternatif seperti jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, melaksanakan mudik lebih awal pada tanggal 25 – 27 April 2022 dan memanfaatkan program mudik bersama atau mudik gratis yang disiapkan oleh kementerian, lembaga maupun swasta.

Baca Juga: Syarat, Rute dan Jalur Kereta Api Angkutan Motor Gratis Mudik Lebaran

Pemerintah berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik agar para pemudik dapat melaksanakan perjalanan dengan aman dan nyaman serta sehat. “Terakhir, saya juga mengingatkan bahwa Covid-19 belum sepenuhnya usai, di beberapa negara khususnya China saat ini melonjak, itu harus senantiasa waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin terutama memakai masker dan segera melengkap dosis 3 atau booster,”jelasnya.

Bagi para pemudik yang belum vaksin dapat memanfaatkan vaksinasi yang digelar di seluruh Pospam, Posyan dalam Operasi Ketupat 2022. “Mari jaga bersama sehingga mudik kali ini bisa menjadi mudik yang sehat, nyaman dan sehat karena sudah divaksin secara lengkap serta mengatur waktu di tengah kemacetan untuk bisa dihindari,” kata Kapolri. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *